Beberapa hal yang harus disiapkan untuk memperoleh dana dalam usaha

Bagi anda yang baru merintis sebuah usaha, meningkatkan modal tidak pernah semudah seperti sekarang ini. Bank telah mengurangi kredit ke usaha kecil, namun Startup Fintech sedang memperluas opsi pinjaman online. Dan peluang pinjaman bisnis tampak begitu menjanjikan bahkan raksasa teknologi, seperti yang sering kita ketahui Amazon, Square, dan Paypal, juga telah memasuki pasar.

Sementara itu, bank-bank besar, seperti di masa lalu, kemungkinan akan mengurangi pinjaman usaha kecil secara dramatis. Selain itu, perusahaan teknologi yang mengejar peluang dalam pembiayaan usaha kecil dapat menarik diri dari pasar jika sudah ada tanda-tanda kerugian pertama dalam kredit.

Kemampuan pemberi pinjaman usaha kecil fintech untuk menghadapi krisis ini dengan sukses akan tergantung pada tiga faktor, di antaranya:

Yang pertama yakni modal aman. Seperti halnya usaha kecil, kunci untuk kelangsungan hidup pemberi pinjaman dan kesuksesan fintech adalah memiliki modal yang cukup untuk menghadapi badai. Ini penting bahkan di saat-saat yang menyenangkan. Pemain Fintech seperti Dealstruck dan BizFi bangkrut atau macet karena pembiayaan yang tidak memadai.

Yang kedua yakni Menawarkan beberapa produk pembiayaan. Kunci lainnya adalah memiliki banyak produk. Memiliki berbagai jenis produk pembiayaan akan menjadi kekuatan utama karena pemberi pinjaman berusaha untuk mengatasi beragam kebutuhan pembiayaan usaha kecil pada saat kredit sangat ketat.Memiliki lebih banyak produk juga memungkinkan pemberi pinjaman menjadi lebih fleksibel dengan menyesuaikan penawaran produk mereka dengan kondisi kredit yang berubah.

Yang ketiga yakni Kelola risiko. Mengelola risiko adalah inti dari industri pembiayaan. Ini akan menjadi lebih kritis dalam penurunan. Memiliki kemampuan yang kuat dalam ilmu data dan analitik, termasuk memiliki tim analisis risiko kelas dunia yang berpengalaman, memberi Anda keuntungan dalam mengidentifikasi tren makro. Selain itu, penting untuk menggunakan analitik prediktif dalam melihat kesehatan portofolio secara keseluruhan.

Sudah banyak pembicaraan bahwa pemberi pinjaman fintech belum benar-benar diuji. Nah, penurunan yang akan datang akan mengubah itu. Pemberi pinjaman fintech yang masuk ke siklus ini dan mampu melewati krisis akan keluar lebih kuat.

Sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/read214830/persiapan-peroleh-dana-untuk-usaha-kecil.htmlIcon Finder