Kembangkan bisnis anda dengan digitalisasi

Menurut data Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pada bulan Januari hingga April 2018 pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia melemah kurang lebih 1% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang mencapai 2,5%. Sedangkan pada bulan Mei hingga Agustus 2018 penjualan ritel kembali meningkat hingga 20% karena adanya lebaran, namun angka tersebut masih terbilang menurun karena pada tahun sebelumnya mencapai angka 38,7%.

Hal tersebut disebabkan karena munculnya disrupi teknologi di bidang industri ritel. Secara perlahan perkembangan teknologi mengubah cara masyarakat dalam berbelanja. Dalam riset di AS 41% masyarakatnya dari 6000 membelanjakan uangnya dengan mengunjungi toko ritelnya terlebih dahulu untuk melihat dan mencoba barang yang ingin di inginkan, setelah itu membelinya secara online.

Semakin banyak transaksi eCommerce yang terjadi, berarti semakin bertambah juga masyarakat yang memilih berbelanja online. Dengan keadaan yang demikian ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha ritel konveksional untuk mengepakkan sayapnya. Mengelola bisnis dengan menerapkan teknologi digital menjadi tantangan tersendiri bagi owner dan juga staff IT.

Sumber : https://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=membangkitkan-bisnis-ritel-digitalisasi