Layanan Digital Koperasi Yang Harus Anda Ketahui

Dalam era saat ini sepertinya diwajibkan bagi para pemilik koperasi untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi secara baik. Karena dengan menggunakan layanan digital teknologi, sebisa mungkin koperasi juga harus bisa memudahkan akses anggota kapanpun dan dimana pun hanya melalui satu sentuhan di gadgetnya.

Koordinator Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman, Suharno mengatakan koperasi di Indonesia dihadapkan pada tantangan globalisasi berupa persaingan antarlembaga keuangan yang memanfaatkan teknologi informasi. Apabila koperasi tidak melakukan transformasi dan inovasi maka akan terdisrupsi oleh lembaga keuangan lain yang lebih adaptif terhadap perkembangan zaman. Tantangan teknologi informasi harus disikapi dengan ide kreatif, aktif, dan inovatif. Ini adalah peluang sekaligus tantangan untuk melakukan pemutakhiran lewat layanan digital koperasi.

Beberapa hal yang harus anda ikut kembangkan dalam teknologi ini antara lain :

Website

Menggunakan website untuk perkembangan koperasi anda dapat memudahkan hak akses baik bagi anggota maupun yang hendak menjadi anggota. Selalu memberikan update konten tentang koperasi juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para anggota, selain menambah informasi tentunya juga akan menambah wawasan bagi mereka yang awam akan koperasi.

Media Sosial

Di era digital saat ini tentunya semua orang sudah memiliki sosial media di dalam gadgetnya, ntah facebook, twitter, instagram atau yang lainnya. Untuk itu, koperasi saat ini di wajibkan memiliki setidaknya 3 sosial media supaya lebih dikenal oleh masyarakat. Memiliki sosial media juga membantu dalam promosi usaha anda tanpa harus bersusah payah mengenalkan produk door to door, untuk itu pemanfaatan sosial media dinilai lebih efektif.

Pendaftaran Online

Menambah fasilitas pendaftaran online akan memudahkan calon anggota dalam registrasi tanpa harus datang ke koperasi anda. Pasalnya saat ini banyak yang ingin mendaftar menjadi anggota koperasi namun mereka tidak memiliki waktu untuk datang ke koperasinya. Nah, untuk tetap mendapatkan anggota tanpa harus memberatkan mereka, untuk itu ciptakan pendaftaran online dengan mengisi data-data pribadi dan melakukan pembayarannya bisa dilakukan melalui transfer antar bank.

Mobile Apps

Adanya aplikasi mobile akan lebih memudahkan anggota dan calon anggota dalam melakukan transaksi online. Karena adanya 2 jenis sistem operasi, untuk itu ciptakan 2 sistem yakni versi android dan versi IOS, agar semua pengguna bisa mengakses aplikasi dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa layanan digital yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk kemajuan koperasi anda. Semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/read197180/mencoba-layanan-digital-koperasi-zaman-now-review.html