Memacu semangat UKM dengan promosi di sosial media

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meminta kepada pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk lebih memanfaatkan sosial media sebagai ladang dalam promosi. Penggunaan sosial media saat ini memiliki kontribusi yang cukup signifikan untuk perkembangan usaha anda.

Saat ini UMKM dari berbagai negara sudah lebih masif menggunakan media sosial sebagai sarana promosi produk salah satunya Vietnam, dan Filipina. Dengan demikian, UMKM Indonesia diharapkan tidak kalah berpromosi di media sosial untuk memancing konsumen.

Karena dari sisi pengguna media sosial, mulai dari Facebook Instagram, dan Twitter sudah mencapai ratusan juta dan menjadi pangsa pasar yang besar bagi UMKM dalam negeri. Saat ini kurang lebih pengguna Facebook di seluruh dunia itu ada 2 milliar orang, yang menggunakan Instagram kurang lebih ada 700 juta dan twitter ada 324 juta, jadi sangat di sayangkan jika sosial media tidak digunakan untuk mempromosikan usaha kita.

Adapun pemanfaatan media sosial bisa memberikan dampak pada peningkatan jangkauan dan eksposur (brand awareness), berinteraksi dengan follower (engagement), dan dapat memberikan berikan solusi kepada follower (selling).