Tujuan Adanya Koperasi Sekolah Bagi Anak

Ketika pertama kali mendengar kata koperasi sekolah, pasti yang akan melintas dalam benak adalah tempat membeli keperluan sekolah misalnya alat tulis, seragam, buku atau tempat menabung. Hal tersebut yang sering kali kita jumpai saat kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Memang, setiap sekolah sepertinya wajib memiliki koperasi untuk melayani kebutuhan siswa maupun guru. Maka tak heran jika selama ini anda pasti selalu mengandalkan koperasi ketika ada peralatan sekolah anda yang habis. Namun ternyata tujuan diadakannya koperasi sekolah tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan saat sekolah. 

Koperasi sekolah tidak berbadan hukum seperti koperasi-koperasi lainnya karena siswa pada umumnya belum mampu melakukan tindakan hukum.

Pendirian Koperasi Sekolah Koperasi sekolah diharapkan menjadi sarana bagi pelajar untuk belajar melakukan usaha kecil-kecilan, mengembangkan kemampuan berorganisasi, mendorong kebiasaan untuk berinovasi, belajar menyelesaikan masalah, dan sebagainya. Untuk itu dalam mendirikan koperasi sekolah, diperlukan pertimbangan-pertimbangan agar selaras dengan apa yang diharapkan.

Tujuan koperasi sekolah secara umum adalah menunjang pendidikan siswa dan melatih siswa untuk berkoperasi. Dengan demikian, tujuan koperasi sekolah tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini. Tujuan koperasi sekolah dapat dijabarkan lagi secara rinci.

Menanamkan dan mendidik kesadaran hidup bergotong-royong antara siswa

Melalui koperasi sekolah siswa dapat membangun kesadaran akan hidup bergotong-royong, dengan bergotong royong rasa setia kawan antara siswa akan tumbuh dan dapat terpelihara dengan baik. Dengan koperasi siswa didik dan ditanamkan rasa peduli pada sesama.

Memupuk rasa cinta pada sekolah

Rasa cinta dan rasa memiliki akan tumbuh saat berkoperasi. Melalui koperasi siswa akan semakin mengenal sekolah dan memiliki rasa bangga dan cinta pada sekolahnya.

Menjadi wadah bagi siswa untuk belajar, berkarya, sekaligus memenuhi keperluan sekolahnya.

Koperasi dapat menjadi tempat siswa untuk belajar dan berkarya. Selain itu tujuan koperasi sekolah adakag untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Seperti alat tulis, buku pelajaran, seragam atau bahkan makanan.

Bentuk Usaha Koperasi Sekolah

Usaha koperasi sekolah terdiri dari beberapa bentuk, di antaranya adalah :

Unit Usaha Toko

yaitu unit usaha yang menjual alat tulis, buku pelajaran, seragam sekolah, dan berbagai peralatan lainnya.

Unit Usaha Kafetaria

yaitu unit usaha yang menjual aneka makanan dan minuman bagi para siswa.

Unit Usaha Simpan Pinjam

yaitu unit usaha yang mewajibkan para anggota membayar simpanan wajib koperasi dan simpanan sukarela sehingga dapat dijadikan modal usaha koperasi.

Unit Usaha Jasa

yaitu unit usaha yang menjual jasa bagi para anggotanya. Misalnya jasa pengetikan, jasa penjilidan, dan jasa fotocopy.

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/3873900/ini-tujuan-koperasi-sekolah-tak-hanya-menyediakan-keperluan-belajarmu