33 Perusahaan China Tidak Mau Investasi Di Indonesia

Rodrigo A. Chaves selaku Direktur Bank Dunia untuk Indonesia melakukan pertemuan dengan Luhut Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman guna untuk menindaklanjuti laporan Bank Dunia kepada Joko Widodo. Hal tersebut termasuk masalah tidak ada satupun dari 33 perusahaan China yang hendak merelokasi pabriknya ke Indonesia. Chaves menjelaskan bahwa terdapat 33 perusahaan terbuka asal China yang memutuskan untuk pindah dari negeri tersebut dan tidak ada satupun yang memilih Indonesia sebagai tempat untuk berinvestasi, perusahaan-perusahaan tersebut justru lebih memilih untuk merelokasikannya ke Vietnam, Thailand bahkan Meksiko.

Dengan tidak adanya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, itu berarti tidak ada aktivitas produksi untuk nilai tambah sehingga juga akan berpengaruh kepada minimnya lapangan kerja. Chaves menambahkan bahwa Jokowi berharap kepada para Menteri Kabinet Kerja untuk dapat memberikan solusi pada tiap lini kerjanya. Para Menteri juga diharapkan berdiskusi untuk dapat menemukan jalan keluarnya.

Sebelumnya Jokowi pernah mengeluh karena tidak ada satupun perusahaan China yang mau merelokasikan pabriknya ke Indonesia dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Dan menurutnya perizinan yang terlalu rumit menjadikan investor enggan memindahkan basis produksinya ke Indonesia. Yang mana telah dirincikan bahwa sebanyak 23 perusahaan memilih pindah ke Vietnam dan mendirikan bisnis di sana. Sisanya, 10 perusahaan pindah ke Malaysia, Kamboja, dan Thailand. Dan tak ada satupun yang mau bergeser ke Indonesia.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190909203610-532-428914/