Cara Sri Mulyani Menagih Pajak Perusahaan Internet

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan memberikan cara untuk menagih pungutan pajak ke Google, Facebook dan perusahaan internet raksasa lainnya, yakni dengan mematangkan definisi perusahaan internet sebagai Bentuk Usaha Tetap (BUT) hingga formula dan dasar perhitungan pungutan pajak. Setelah menghadiri pertemuan negara-negara anggota forum G20 di Fukuoka, Jepang, Ia mempublish tulisannya tersebut melalui akun instagram pribadinya.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu upaya untuk memberikan kewajiban pajak bagi perushaan internet, karena dengan status tersebut pemerintah dapat menarik pajak atas operasional bisnis perusahaan di negara lain, meskipun kantor pusatnya bukan di negara tersebut. Misalnya Google berkantor pusat di Amerika Serikat dan sedang melakukan operasional bisnis di Indonesia, maka otoritas pajak di Indonesia dapat mengenakan pajak terhadapt Google karena telah memiliki status BUT.

Selain itu Ia memiliki alternatif lain, yakni dengan membentuk formulasi kebijakan bersama yang telah disepakati oleh antar negara-negara G20. Yang mana isi dari formulasi kebijakan tersebut adalah tentang perhitungan kuantitatif mengenai persentase pasti dari tarif pajak bagi perusahaan internet. Perlu juga kirannya untuk mengartikan ketentuan hukum terkait kebijakan pengenaan pajak rendah atau bahkan tanpa pajak sama sekali. Karena kebijakan tersebut ditetapkan oleh negara tertentu dan dapat menjadi penghambat langkah untuk pengenaan pajak bagi perusahaan internet secara keseluruhan. Ia juga menegaskan bahwa pentingnya kemajuan dalam hal pengenaan pajak bagi perusahaan internet. Pengguna internet diseluruh dunia terus meningkat seiring berjalannya waktu, tak terkecuali di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, turut menjadi panelis, yaitu Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso, dan Menteri Keuangan China Liu Kun. Kemudian juga hadir, Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire, Menteri Keuangan Inggris Phillip Hammond, dan Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin. Sebelumnya, para menteri keuangan yang menjadi perwakilan masing-masing negara memang membicarakan topik pengenaan pajak bagi Google, Facebook, dan perusahaan internet lainnya di dunia. Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire meminta para negara anggota G20 segera menindaklanjuti peta jalan tersebut dengan lebih serius.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190608181442-532-401774/