Kembangkan Bisnis UKM dengan Biaya Promosi Yang Murah
Saat ini untuk mengembangkan bisnis yang pertama perlu dilakukan yakni pemasaran. Untuk mengenalkan produk kita kepada konsumen salah satunya yakni melalui marketing, maka memang saat ini banyak pelaku bisnis yang menghabiskan banyak uangnya untuk melakukan pemasaran produknya. Namun yang sering kali terjadi bagi para pelaku bisnis UKM adalah besarnya biaya promosi yang tidak sebanding. Lantas bagaimana cara pelaku UKM untuk melakukan pemasaran produknya? Berikut ulasannya
Yang pertama yakni dengan memanfaatkan media sosial. Pemasaran ini tidak mengeluarkan banyak biaya, pasalnya anda hanya membutuhkan koneksi internet dan sebuah smartphone yang pastinya semua orang saat ini sudah memilikinya. Setelah itu anda hanya perlu membuat akun sosial media khusus untuk bisnis yang Anda jalankan. Sesuaikan merk produk dengan nama akunnya untuk memudahkan konsumen saat mencari profil bisnis anda. Lewat sebuah profil, konsumen dapat membaca ulasan, testimoni, ataupun mengecek produk-produk terbaru Anda.
Yang kedua yakni dengan memaksimalkan layanan iklan gratis yang ada di sosial media tersebut. Media sosial seperti Instagram kini telah menyediakan fitur untuk promosi secara gratis. Caranya dengan menghubungkan akun Instagram ke akun Facebook untuk beralih ke akun bisnis. Pastikan Anda mengelola sebuah halaman di Facebook, sehingga proses ini berjalan lancar. Jika belum memiliki halaman Facebook sendiri, Anda bisa membuatnya dalam waktu 5-10 menit saja. Setelah pembuatan halaman berhasil, lakukan promosi agar akun Instagram bisnis Anda muncul di timeline para pengguna Instagram.
Yang ketiga yakni anda dapat membuat kontes giveaway di media sosial anda. Untuk memasarkan produk anda dapat dengan meningkatkan partisipasi pengguna sosial media anda seperti di instagram. Untuk yang pertama anda tidak harus mengeluarkan biaya yang langsung besar, anda dapat memberikan give away dengan nilai yang kecil-kecil saja namun tetap menarik supaya banyak konsumen yang menunggu giveaway selanjutnya dan tetap staytune di sosial media anda. Dengan begitu anda dapat memasarkan produk anda dengan mudah karena sedikit banyak masyarakat sudah mengenal produk anda.
Yang keempat yakni dengan menjadi sponsor untuk kegiatan tertentu. Tips ini sangat ampuh untuk menarik perhatian publik, terutama untuk acara-acara besar seperti seminar dan pelatihan. Menjadi sponsor di sini bukan berarti mensponsori rangkaian acara secara keseluruhan, tetapi ikut berpartisipasi memberikan dana dalam konteks “sesuai kemampuan” saja. Misalnya adalah memberi bantuan seminar kit dalam acara wawancara di kampus. Cukup bermodal Rp 500 ribu, logo atau banner bisnis Anda akan tertempel di pamflet atau poster acara seminar tersebut. Dengan begitu, bisnis Anda akan dikenal oleh orang lain, atau mungkin malah diajak bekerja sama untuk acara yang akan datang.
Yang kelima yakni dengan menempelkan pamflet di pusat keramaian. Terdengar sedikit kuno, tetapi cara ini bisa dicoba, apalagi biayanya cukup ekonomis. Buatkan desain logo bisnis Anda sekreatif mungkin, lalu cetak dan tempelkan di berbagai pusat keramaian, misalnya jalan raya, kafe, atau tiang listrik. Tapi perlu diingat, menempel pamflet atau stiker tidak boleh sembarangan. Mintalah izin kepada pihak berwenang atau masyarakat setempat terlebih dahulu, agar Anda tidak disangka mengotori lingkungan.
Sumber : https://www.suara.com/bisnis/2018/11/15/201632/punya-bisnis-ukm-ini-6-cara-agar-biaya-promosi-murah