pt valid data solusi

MENGENAL BAPAK KOPERASI, MOHAMMAD HATTA

Pada saat Kongres Koperasi Indonesia di Bandung, Jawa Barat tepat pada tanggal 17 Juli 1953 Bapak Mohammad Hatta resmi diangkat sebagai Bapak Koperasi. Pasalnya Hatta memang selalu aktif dalam memberikan arahan dan ulasan di beberapa Lembaga Pendidikan Tinggi dan Ia juga membuat berbagai buku ilmiah di ranah Ekonomi dan Koperasi.

pt valid data solusi
pt valid data solusi

“Perekonomian sebagai usaha bersama dengan berdasarkan atas kekeluargaan adalah koperasi. Karena koperasilah yang menyatakan kerjasama antara mereka yang berusaha sebagai suatu keluarga. Disini tidak ada pertentangan antara majikan dan buruh, antara pemimpin dan pekerja.”
Menurut bapak Mohammad Hatta tentang Koperasi Indonesia yang juga telah dituliskan di dalam Undang-Undang Dasar.

Banyak dari kita yang tidak mengetahui kenapa harus menggunakan koperasi? Alasanya yakni karena koperasi dapat menjadikan perekonomian di Indonesia merata dan lebih baik.

Menurut Bung Hatta, koperasi melahirkan suatu sistem ekonomi yang istimewa, bahkan sejak berdirinya negeri ini Ia berusaha meletakkan sistem ekonomi Indonesia ini dengan pedoman yang sejalan dan dimiliki koperasi. Yang mana konsep koperasi ini sebenarnya merupakan pemikiran dari dunia barat, tetapi menurut bung Hatta KOperasi tidak hanya seperti barang import, namun adanya suatu konsep yang memiliki sumber kultural yang lekat dengan masyarakat Indonesia.

pt valid data solusi

pt valid data solusi

Titik terpenting dalam mengartikan Koperasi menurut Bapak Koperasi yakni fungsi sosial yang mana disetiap anggota koperasi mempunyai ikatan sosial religius yang saling memperkuat satu sama lain. Lebih mudahnya lagi yakni koperasi memiliki ikatan sosial seperti komunitas, hobi namun tetap memiliki fungsi ekonomi. Point humanisme inilah yang tidak menjadikan sumber penguatan dalam koperasi Indonesia saat ini.

Sumber : http://kementeriankoperasi.com/konsep-koperasi-mohammad-hatta/