Meningkatkan Kualitas SDM Dengan Merangkul Perusahaan

Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja menghimbau perusahaan untuk ikut terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengedukasi serta melatih lulusan SMA, SMK maupun perguruan tinggi. Saat ini pemerintah tengah mematangkan penguatan pendidikan serta pelatihan vokasi yang rencananya akan dibahas dalam rapat berikutnya.

Pemerintah akan melihat kondisi SMK, Balai Latihan Khusus (BLK), maupun lembaga pelatihan kerja dan sertifikasi yang sudah ada. Selanjutnya akan dilihat juga kapasitas dalam menghasilkan SDM berapa banyak. Ia menambahkan saat ini di sejumlah kementerian sudah banyak memiliki pusat pelatihan. Balai pelatihan-pelatihan yang ada di kementerian itu, kata Hanif, yang akan dikonsolidasikan dan koordinasikan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menyebut kalangan industri mendorong agar vokasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Menurutnya, sudah ada beberapa perusahaan yang membangun politeknik. Ia menyebut beberapa perusahaan yang sudah membangun politeknik seperti Indorama dan Astra, yang baru memulai pembangunan. Menurutnya, model yang dilakukan kedua perusahaan itu akan diterapkan oleh perusahaan lain.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190516211553-92-395589/