Produk Koperasi dan UKM lokal wajib di Populerkan PEMDA

PEMDA (Pemerintah Daerah) wajib mempromosikan produk koperasi dan UKM unggulan diwilayahnya dalam berbagai pameran baik di dalam maupun di luar negeri. Peran PEMDA dinilai sangat signifikan untuk mengembangkan usaha dan perluasan pasar produk Koperasi dan UKM. Kegiatan pameran sangat berpotensi dalam meningkatkan transaksi dan aktivitas perdagangan. Misalnya saja pada saat pameran Bengkulu Expo ke 9 dan Pasar Rakyat yang diadakan pada saat peringatan hari ulang tahun ke 50 Provinsi Bengkulu yang bertempat di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu yang juga dapat dijadikan sebagai wadah promosi produk KUKM lokal.

KUKM memiliki peran penting bagi perekonomian nasional. Namun masih ada beberapa kendala yang sering kali dihadapi para pelaku KUKM, misalnya saja keterbatasan modal usaha, akses pasar, dan kurangnya keterampilan sumber daya manusia. Pada perdagangan bebas saat ini, KUKM juga harus berkembang mengikuti arus pasar sehingga dapat bersaing dengan produk asing yang masuk ke pasar dalam negeri.

Harapannya agar nantinya selalu ada agenda tahunan kegiatan pameran seperti Bengkulu Expo tersebut sehingga lebih memudahkan pelaku KUKM lokal untuk mempromosikan produknya, mendorong peningkatan daya asing, memotivasi KUKM dalam mengeksplorasi potensi yang dimiliki sehingga menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi, permudah pertemuan produsen dengan konsumen baik dalam maupun luar negeri.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/770150/pemda-harus-aktif-populerkan-produk-kukm-lokal