Serap Produk Petani berkat dorongan Kemenkop

Kementerian koperasi dan UKM memberikan kontribusi kepada koperasi dalam penyerapan hasil panen para petani di tangerang, terutama saat terjadi musim panen. Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Victoria Simanungkalit menegaskan bahwa panen raya ini dapat memberikan semangat pengembangan komoditi hortikultura lainnya oleh koperasi.

Pemberdayaan ini dapat direplikasi di berbagai lokasi potensial di seluruh Indonesia, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat semakin meningkat. Victoria menambahkan bahwa peran Pemerintah Daerah sangat penting untuk mendukung adanya keberlanjutan pemberdayaan usaha koperasi tersebut. Dalam pengembangan Koperasi di Indonesia, Kemenkop UKM telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung keberlangsungan hidup perkoperasian di Indonesia.

Di antaranya skema KUR, dana bergulir, kerja sama CSR bersama BUMN dan sektor swasta yang memfasilitasi kemudahan legalitas usaha, pengembangan akses pasar melalui pameran. Pihaknya juga melakukan pengembangan pelaku KUMKM yang inklusif melalui keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM yang tersebar di 27 Provinsi dan 30 Kabupaten/Kota.

Sumber : https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/19/01/30/pm4o1v368-kemenkop-dorong-koperasi-serap-produk-petani