Solusi Masalah Ekonomi RI Dari Bank Dunia

Rodrigo Chaves selaku Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste menemui Joko Widodo di Istana Negara Jakarta untuk memberikan solusi bagi pemerintah Indonesia guna menyelesaikan masalah ekonomi. Yang mana menurutnya cara paling ampuh yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi adalah dengan memperbaiki current account defisit dengan melakukan investasi modal asing (FDI). Cara tersebut dinilai baik untuk menambah modal serta memperbaiki aliran portofolio.

Untuk mencapai hal tersebut, strategi yang harus diupayakan oleh pemerintah adalah dengan memberikan kredibilitas yang diperlukan dalam FDI. Peraturannya harus jelas, stabil dan memenuhi aspek kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Menurutnya Indonesia memiliki fundamental yang cukup kuat, terutama dalam hal manajemen makro. Pembaruan struktural terutama pada sektor SDM, infrastruktur, investasi, FDI dan pajak dinilai akan dapat memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam hal mempertahankan kondisi keuangan.

Rodrigo menjelaskan bahwa fokus pemerintah dalam SDM, infrastruktur, FDI dan pajak adalah program yang sangat jelas. Harapannya pemerintah dapat mengimplementasikan hal tersebut untuk masa depan negara. Selanjutnya ia menilai mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mampu 5,08 pada tahun ini merupakan angka yang tepat. Rodrigo tak dapat memprediksi persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun depan. Yang mana itu masih menjadi tantangan ditahun kedepan bagaimana pertumbuhan ekonomi global serta komoditas ekspor dan impor.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4052966/