fbpx
jenis-sosial-media-marketing

Jenis Sosial Media Marketing

Kira-kira apa saja jenis dari sosial media marketing?

Yuk, simak jenis-jenisnya berikut!

 

1. Facebook

Pengguna Aktif Bulanan : 2,7 miliar pengguna
Demografi Terbesar : 25-34 tahun
Gender : 56% laki-laki, 44% perempuan

Facebook adalah media sosial terbesar di dunia. Itu adalah hal yang tidak bisa dipungkiri lagi. Bukan hanya personal yang menggunakan Facebook, tapi ada sekitar 65 juta bisnis yang memanfaatkan Facebook Page untuk mempromosikan bisnisnya.

 

2. Instagram

Pengguna Aktif Bulanan : 1 miliar pengguna
Demografi Terbesar : 25-34 tahun
Gender : 43% laki-laki, 57% perempuan

Instagram memiliki segudang fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi secara cuma-cuma. Seperti Instagram Stories, Instagram Live, Reels dan IGTV. Selain itu, ada juga fitur khusus untuk akun bisnis yaitu memberikan analisis lengkap tentang performa akun bisnis Anda.

 

3. Youtube

Pengguna Aktif Bulanan : 2 miliar pengguna
Demografi Terbesar : 15-25 tahun
Gender : 72% laki-laki, 72% perempuan

YouTube merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Karena ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton setiap harinya di YouTube. Maka dari itu, sudah banyak bisnis yang membuat channel di YouTube dan rutin untuk mengupload video yang relevan dengan bidang bisnisnya.

 

4. Twitter

Pengguna Aktif Bulanan : 330 juta pengguna
Demografi Terbesar : 30-49 tahun
Gender : 68% laki-laki, 32% perempuan

Twitter berfokus pada konten atau informasi secara real-time. Alhasil, pergerakan di Twitter sangatlah cepat. Sehingga sangat cocok bagi bisnis yang rutin memproduksi konten seperti berbagi berita dan hiburan terbaru di seluruh penjuru dunia.

 

5. LinkedIn

Pengguna Aktif Bulanan : 738 juta pengguna
Demografi Terbesar : 46-55 tahun
Gender : 51% laki-laki, 49% perempuan

LinkedIn adalah media sosial untuk para pekerja dan profesional di bidangnya. Maka dari itu, demografi terbesarnya adalah pengguna dengan kisaran umur 40 tahun ke atas. Alhasil, LinkedIn sangat cocok untuk mencari customer apabila bisnis Anda bergerak di B2B.

 

6. Pinterest

Pengguna Aktif Bulanan : 400 juta pengguna
Demografi Terbesar : 30-49 tahun
Gender : 22% laki-laki, 78% perempuan

Bisa dikatakan Pinterest adalah papan digital dimana Anda bisa “menempel” gambar, video, hingga gif sekalipun di akun Anda. Jadi, media sosial ini sangatlah cocok untuk mempromosikan produk-produk Anda dengan foto yang mencolok. Apalagi jika target market Anda adalah perempuan.

 

7. TikTok

Pengguna Aktif Bulanan : 689 juta pengguna
Demografi Terbesar : 18-24 tahun
Gender : 41% laki-laki, 59% perempuan

TikTok adalah media sosial berbagi video pendek yang penggunanya meningkat drastis beberapa tahun belakangan. Terutama bagi anak-anak muda Generasi Z. Sehingga TikTok sangat cocok bagi Anda yang memiliki target market anak-anak muda.

 

8. Snapchat

Pengguna Aktif Bulanan : 287 juta pengguna
Demografi Terbesar : 13-34 tahun
Gender : 40% laki-laki, 58% perempuan

Snapchat bisa dikatakan media sosial yang unik. Kenapa? Karena, interaksi di Snapchat menggunakan video pendek, alih-alih teks seperti media sosial lainnya. Snapchat umumnya digunakan bisnis untuk membangun brand awareness pada anak-anak muda.

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui Strategi Sosial Media Marketing untuk setiap jenis platform. Anda bisa konsultasikan bersama kami dengan mengklik link disini.

 

Baca Juga : Ide Post Media Sosial yang Bisa Anda Terapkan!

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing