fbpx
8-strategi-sosial-media-marketing-yang-efektif

8 Strategi Sosial Media Marketing yang Efektif

Bagaimanakah Strategi Sosial Media Marketing yang efektif untuk Bisnis Online Anda?

Social Media Marketing atau SMM adalah salah satu cabang dari Digital Marketing. Teknik promosi ini lebih fokus ke penggunaan media sosial dan promosi.

84% pengguna internet memiliki akun media sosial. Dan 52% brand ditemukan oleh pelangggan via media sosial. Jadi, wajar bila banyak bisnis yang melakukan promosi lewat media sosial.

Usahakan agar promosi Anda tidak membakar uang/ tenaga. Caranya dengan membuat strategi Sosial Media Marketing yang lebih jelas. Apa sajakah itu?

 

1. Pilih Platform Media Sosial

Pilih channel yang sering dipakai oleh target market Anda. Anda bisa menentukannya menggunakan teknik Bulls Eye.

Teknik Bulls Eye adalah teknik yang digunakan untuk menentukan media sosial mana yang paling tepat untuk sebuah bisnis. Teknik ini terdiri dari 5 langkah yaitu :

  • Brainstorming
    Buat list channel media sosial popler dan tulis ide-ide yang bisa diaplikasikan.
  • Rank
    Kelompokkan semua media sosial ke dalam tiga kategori, yaitu Inner Circle, Potential dan Long shot.
  • Prioritize
    Fokus pada 3 channel media sosial di kategori Inner Circle.
  • Test
    Terapkan uji coba ide-ide pada channel media sosial yang telah diprioritaskan.
  • Focus On
    Maksimalkan promosi di 1 channel media sosial yang paling efektif.

 

2. Buat Tujuan yang Jelas

Anda butuh tujuan yang jelas agar strategi marketing Anda berjalan dengan efektif. Seperti:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Memperat hubungan dengan konsumen
  • Meningkatkan Brand Advocates
  • Melakukan riset dan pengembangan
  • dan Meningkatkan Leads & Sales.

 

3. Gunakan Metrik yang Jelas

Setelah Anda menentukan tujuan, Anda juga memerlukan metrik agar bisa mengevaluasi performa Anda. Seperti : Reach, Mention, Like, Share, Followers, dan lain sebagainya.

 

4. Riset Kompetitor

Sebelum membuat konten, sebaiknya Anda riset strategi Social Media Marketing milik kompetitor. Cari tahu konsep, keyword dan hashtag yang dipakai oleh kompetitor Anda.

Tujuannya adalah Anda bisa mencari tahu respons audiens dan efektifitas strategi yang kompetitor gunakan.

 

5. Buat Konten Relevan dan Menarik

Untuk hal ini sangat tergantung dengan kreatifitas Anda dalam membuat konten.

 

6. Tentukan Waktu untuk Posting

Kapankah waktu posting yang tepat? Jawabannya adalah Tidak Pasti.

Karena setiap channel media sosial memiliki trend yang berbeda begitu pula dengan target market yang disasar.

Maka dari itu, seringlah melakukan percobaan dengan memposting konten di jam-jam yang berbeda. Setelah Anda menemukan waktu yang paling pas, Anda bisa membuat kalender konten agar konten Anda menjadi lebih terjadwal.

 

7. Manfaatkan Ads

Jangan ragu menggunakan fitur Iklan. Iklan membantu Anda menjangkau audience yang lebih luas tanpa dibatasi waktu posting. Cara ini cocok untuk Anda yang sedang membangun bisnis ataupun sedang memiliki promo.

 

8. Evaluasi Performa

Lakukan evaluasi agar Anda tahu strategi mana yang perlu ditinggalkan, dipertahankan ataupun ditingkatkan.

 

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui Strategi Sosial Media Marketing lebih mendetail. Anda bisa konsultasikan bersama kami dengan mengklik link disini.

 

Baca Juga : Cara Memulai Social Media Marketing Sebagai Seorang Pemula

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing