fbpx
8-tips-sosial-media-marketing-untuk-entrepreneur

8 Tips Sosial Media Marketing untuk Entrepreneur

Berikut 8 tips Sosial Media Marketing yang dapat Anda terapkan setiap hari.

Ketika Anda sebagai pemilik usaha kecil atau entrepreneur yang akan mengembangkan bisnis Anda secara online. Maka akan ada tiga tantangan utama, yaitu :

  • Time (Waktu)
  • Resources (Sumber Daya)
  • Money (Uang)

 

Berikut tips Sosial Media Marketing yang tidak membutuhkan banyak uang dan sumber daya. Anda hanya perlu sedikit waktu untuk Anda melakukannya, terutama untuk Anda sebagai entrepreneur yang baru saja membangun sebuah bisnis.

1. Buat Tujuan yang CERDAS dan Terukur

Berapa kali Anda memikirkan tujuan bisnis dan tujuan penjualan tetapi bagaimana dengan tujuan Sosial Media Marketing?

Padahal hal ini sangatlah penting. Mengapa?
Karena jika Anda tidak menyelaraskan tujuan Sosial Media Marketing Anda dengan tujuan bisnis Anda, Anda tidak tahu apa yang harus Anda posting dan lakukan.

Akan berbeda jika Anda memiliki tujuan cerdas dan terukur. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih siap dalam menjalankan media sosial Anda dan mengetahui konten seperti apa yang akan Anda gunakan.

 

2. Gunakan Tools untuk Media Sosial

Sebuah Tools media sosial memungkinkan Anda untuk membuat template di akun media sosial Anda.

Misalnya,
Canva, adalah tools untuk merancang berbagai jenis desain kreatif secara online.
Pinterest yang terdapat banyak referensi desain untuk Cover media sosial Anda.

 

3. Buat Konten yang Mudah Dicari

Maksudnya adalah bahwa Anda dapat membuat konten yang dapat menjawab rasa penasaran audiens Anda terhadap produk atau layanan Anda. Sehingga Anda dapat menciptakan kepercayaan dengan audiens Anda dengan menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

 

4. Brainstorming Mindmap Ide Anda

Pada dasarnya adalah Anda menuliskan semua ide dari kepala Anda sebagai entrepreneur di sebuah kertas.

Bukan berarti bahwa Anda harus menjalankan semua ide tersebut sekarang juga. Tapi agar Anda tahu kapankah waktu yang tepat untuk menjalankan ide tersebut.

 

5. Luangkan Waktu untuk Berinteraksi

Anda dapat menyisihkan 15 menit untuk berinteraksi dengan audiens Anda.

Anda dapat melakukan aturan 10 10 5. Di mana Anda melakukan 10 likes, 10 komentar, dan 5 share atau 5 mengirim pesan. Jika Anda melakukannya secara konsisten selama 15 menit setiap hari di semua platform Anda, Anda dapat mengubah komunitas online Anda buat menjadi sebuah penjualan.

 

6. Fokus pada Konten Video

Konten video dapat membuat konten Anda menjadi lebih menonjol. Karena pada dasarnya, audiens lebih tertarik dengan konten video.

 

7. Gunakan Sistem dan Alat untuk Memudahkan Proses

Anda harus fokus pada sistem dan alat apa yang akan Anda gunakan untuk menjalankan ide-ide Anda. Seperti Anda dapat menggunakan platform online untuk menjadwalkan di media sosial Anda.

 

8. Jelajahi Platform Media Sosial yang Berbeda

Facebook dan Instagram adalah platform yang sangat populer. Jika bisnis Anda tidak ada di platform tersebut, segeralah membuat halaman Facebook dan halaman Instagram untuk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba platform media sosial lain. Misalnya, Youtube dan TikTok. Ini adalah platform yang dapat membantu mendatangkan traffic ke situs web Anda dan menjadikannya sebuah konversi penjualan.

 

 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar Tips Sosial Media Marketing lebih dalam. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

 

Baca Juga : Cara Memulai Social Media Marketing Sebagai Seorang Pemula

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing