fbpx
sosial-media-strategi-di-tahun-2021

Sosial Media Strategi di Tahun 2021

Seperti apa strategi media sosial marketing di tahun 2021?

Strategi adalah bagian terpenting dalam dunia marketing. Salah satu strategi yang harus Anda miliki adalah Strategi Sosial Media Marketing.

Bagaimana langkah-langkahnya?

Dan perlu Anda ingat!
Strategi Sosial Media Marketing Anda harus sejalan dengan tujuan bisnis dan kebutuhan pelanggan Anda.

1. Nilailah di mana Anda berada sekarang

Seperti yang tertulis diatas. Strategi Anda haruslah didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis Anda.

Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu di mana bisnis Anda berada sekarang. Anda bisa menggunakan PIRATE Metrics yang terdiri dari :

  • Acquisition (Akuisisi)
  • Activation (Aktivasi)
  • Retention (Retensi)
  • Referral (Rujukan)
  • Revenue (Pendapatan)

2. Tanyakan Mengapa (Misi)

Setelah Anda menilai bisnis Anda, sekarang Anda harus fokus memikirkan MENGAPA Anda ingin membuat konten.

Ini akan memastikan bahwa konten Anda memiliki value.

  • Bagaimana konten Anda yang buat dapat membantu audiens Anda?
  • Value apa yang terdapat dalam konten Anda?
    Anda bisa mulai memikirkan dan menulisnya sekarang!

3. Pilih Tujuan Anda

Pada titik ini, tanyakanlah pada diri Anda sendiri. Tujuan apa yang ingin Anda capai melalui strategi Anda.

Tetapkan secara spesifik, baik dari segi jumlah maupun jangka waktu.

 

4. Pilih KPI (Key Performance Indicator) Anda

Setelah Anda menentukan misi dan tujuan Anda, mulailah menentukan KPI/Target dari konten Anda.

Berapa view sehari, berapa propsek seminggu, berapa penjualan sebulan. Semua hal tersebut harus sudah Anda targetkan.

 

5. Tentukan Audiens Anda

Siapakah Audiens atau Target Market Anda? Pertanyaan-ertanyaan berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi audiens Anda secara tepat

  1. Apa demografi (Jenis kelamin, usia, lokasi) audiens Anda ?
  2.  Apa masalah dan solusi yang audiens Anda cari ?
  3. Di manakah audience Anda berada setiap hari ?
    Aplikasi apa yang audience Anda gunakan? Konten seperti apa yang audience Anda cari? Bagaimanaaudience Anda mencari solusi
  4. Bagaimana audience Anda membuat keputusan ?
    Bagaimana cara audience Anda membeli? Apa yang membuat audience Anda tertarik membeli?

Setelah Anda identifikasi, luangkan waktu Anda untuk menganalisa dan menyegmentasi audiens Anda.

 

6. Tetapkan Jenis Konten

Setelah itu, Anda bisa mulai memikirkan konten.

Channel apa yang akan Anda gunakan? Jenis konten apa yang akan Anda buat? Desain seperti apa sesuai dengan identitas bisnis Anda?

 

7. Pilih Kata Kunci dan Metadata

Temukan campuran kata kunci khusus dan generik untuk mengarahkan ke konten Anda. Kemudian buat kategori, tag dan hashtag yang berkaitan dengan kata kunci Anda.

 

8. Buat Kalender Konten

Rencanakan eksekusi konten Anda! Pilih waktu tertentu saat audiens Anda tertarik pada subjek tertentu.

Sehingga Anda dapat menyiapkan konten sebelum jadwal konten tersebut diposting.

 

9. Buat Strategi Distribusi

Anda perlu pendekatan strategis untuk mendistribusikan konten Anda.

Apakah konten tersebut cocok dipublikasikan di Grup Facebook? Apakah Anda perlu Influencer untuk mempromosikan konten Anda? Ataukah Anda perlu bantuan dari media?

 

10. Dokumentasikan semuanya

Terkadang sebuah ide masihlah belum sesuai dengan brand atau audiens Anda. Dengan Anda memiliki Dokumen Strategi, Anda dapat mengubah ide tersebut agar lebih sesuai dengan strategi Anda.

 

11. Periksa Kembali secara Konsisten

Jangan lupa, Anda harus memeriksa hasil dari konten Anda. Apakah sudah sesuai dengan KPI yang sudah tentukan atau belum?

Manakah konten yang perlu ditingkatkan? Konten mana yang dipertahankan? Bagaimana memperbaiki konten yang belum berpengaruh?

Selalu bandingkan hasil KPI Anda, analisis hasil dan tindakan Anda secara konsisten.

 

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui Strategi Sosial Media Marketing lebih mendetail. Anda bisa konsultasikan bersama kami dengan mengklik link disini.

 

 

Baca Juga : 5 Pertanyaan untuk Mendominasi Media Sosial

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing