fbpx
10 Hukum Sosial Media Marketing

10 Hukum Sosial Media Marketing

Berikut 10 Hukum Sosial Media Marketing yang dapat membantu Anda dalam membangun dasar yang melayani audiens Anda dan meningkatkan Brand Anda.

 

Hukum #1: MENDENGARKAN (LISTENING)

Tentunya, tujuan utama kita adalah mendapatkan penjualan yang meningkat dan sukses dalam memasarkan produk-produk kita melalui konten yang diposting di media sosial. Agar kita bisa sukses dalam hal ini, kita perlu lebih banyak mendengarkan audiens.

Cobalah untuk membaca tanggapan-tanggapan dari para audiens melalui konten online yang kita posting atau bergabung dengan diskusi mereka untuk mempelajari apa yang penting bagi mereka.

 

Hukum #2: FOKUS (FOCUS)

Hukum Fokus berbicara tentang menjadi expert (pakar) di bidang tertentu. Seseorang yang sangat berfokus pada media sosial dengan konten strategi marketing yang dimiliki biasanya mampu membangun dan memiliki brand yang kuat.

 

Hukum #3: KUALITAS (QUALITY)

Kualitas mengalahkan Kuantitas. Lebih baik memiliki 500 koneksi online yang membaca, berbagi dan berbicara tentang Anda maupun konten Anda daripada memiliki 500.000 koneksi yang hanya diam dan memperhatikan Anda. Jadi miliki kualitas konten terlebih dahulu.

 

Hukum #4: KESABARAN (PATIENCE)

Pemasaran dengan media sosial tidak akan mungkin terjadi dalam semalam. Karena pada intinya sosial media adalah media untuk bersosialisasi bukan untuk berjualan ataupun memasarkan produk atau jasa Anda.

Karena itu setelah Hukum #3 dijalankan, maka Anda harus menjalankan Hukum #4 ini yang dimana Anda harus memiliki komitmen untuk jangka panjang dalam mencapai keberhasilan.

 

Hukum #5: PENGGABUNGAN (COMPOUNDING)

Ini terjadi saat kita mempublikasikan konten penjualan yang luar biasa dan berkualitas. Ini dapat membuat audiens atau pengikut kita di media sosial untuk dapat membagikan konten kita kepada teman-teman mereka lainnya secara online.

Dengan begitu Anda memiliki kesempatan besar untuk menambah audiens yang bukan hanya dalam sosial media melainkan audiens yang sedang mencari di search engine dengan kata kunci tertentu.

 

Hukum #6: PENGARUH (INFLUENCE)

Dalam dunia media sosial, Anda tidak dapat berkembang dengan sendiri. Luangkan sedikit waktu Anda untuk mencari influencer secara online. Utamakan memiliki target market berkualitas dan cenderung tertarik pada produk, jasa dan bisnis Anda. Setelah itu jalin hubungan mereka.

 

Hukum #7: NILAI (VALUE)

Anda harus memiliki VALUE (Nilai) dalam sebuah komunikasi. Buat sebuah konten yang luar biasa. Setelah itu bangun hubungan dengan influencer secara online.

Pada akhirnya, audiens yang tertarik dengan konten kita akan secara sukarela membagikannya dari mulut ke mulut kepada orang lain.

 

Hukum #8: MENGHARGAI (ACKNOWLEDGEMENT)

Membangun hubungan adalah salah satu bagian paling penting dari keberhasilan di media sosial. Jadi selalu berusaha untuk menyadari keberadaan mereka dan hargai mereka yang sudah bergabung atau memperhatikan Anda.

 

Hukum #9: AKSESBILITAS (ACCESSIBILITY)

Kesalahan pengguna media sosial adalah hanya memanfaatkan untuk melakukan postingan konten tanpa aktif menggunakan media sosial. Anda harus terus berpartisipasi dalam sebuah komunikasi sambil mempublish konten Anda. Ingat kembali bahwa media sosial adalah untuk bersosialisasi.

Dengan begitu audiens Anda bisa berubah dan mereka tidak akan ragu untuk menggantikan Anda atau meninggalkan Anda jika Anda menghilang selama beberapa minggu atau bulan.

 

Hukum 10: TIMBAL BALIK (TAKE AND GIVE)

Anda tidak dapat mengharapkan orang lain untuk membagikan konten Anda dan berbicara tentang Anda jika Anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka.

Jadi, sebagian dari waktu yang Anda gunakan di media sosial harus difokuskan pada hal berbagi (share) dan berbicara tentang konten yang diterbitkan oleh orang lain (sharing).

 

Itulah 10 Hukum Sosial Media Marketing. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar Sosial Media Marketing lebih dalam. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : 10 Aturan Simple untuk Menjadwalkan Postingan di Media Sosial

#belajarsosialmediamarketing #rahasiasosialmediamarketing #bisnissosialmediamarketing