fbpx
Tren Media Sosial 2021

Tren Media Sosial 2021

Kira-kira tren konten media sosial seperti apa saja yang ada di tahun 2021? Langsung simak tren-trennya dibawah.

 

1. Short-Form Video

Sudah lama diketahui bahwa video adalah bentuk konten digital online yang paling menarik. Khususnya, video berdurasi pendek.

Video berdurasi pendek benar-benar meledak pada tahun 2020 dengan diperkenalkannya TikTok dan Instagram Reels. Tapi bukan hanya TikTok dan Instagram – raksasa media sosial lainnya sekarang mengikuti tren video berdurasi pendek. Sejauh ini pada tahun 2021, YouTube telah memperkenalkan fitur Shorts mereka, Pinterest telah membuat Pin Video dan Facebook telah meningkatkan fitur Stories mereka.

 

2. Social Commerce

Dengan hampir separuh populasi dunia sekarang menggunakan media sosial, social commerce — penggunaan media sosial untuk mendorong pembelian e-commerce — telah menjadi langkah nyata berikutnya untuk belanja online.

Tidak diragukan lagi, Facebook Shops dan Instagram Checkout telah menjadi perkembangan terbesar di dunia social commerce. Diperkenalkan pada Mei 2020, fitur ini — tersedia di kedua platform — memungkinkan bisnis membangun toko online sederhana yang dijalankan melalui aplikasi Facebook dan Instagram.

 

3. Augmented Reality

Berbeda dengan virtual reality – yang berarti menciptakan dunia yang sama sekali baru dari awal – augmented reality adalah teknologi yang mengambil dunia nyata dan memproyeksikan augmentasi virtual yang dihasilkan komputer untuk meningkatkan pengalaman kita.

Contohnya adalah Filter AR. Filter AR telah menjadi sangat populer sehingga Instagram sekarang memungkinkan siapa pun – merek, bisnis, influencer, dan bahkan pengguna – untuk membuat filter mereka sendiri untuk digunakan orang lain dalam Cerita mereka.

 

4. Personalized Marketing

Personalized marketing bukanlah hal baru, ini semua tentang memberikan pengalaman unik kepada pelanggan Anda berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang pelanggan Anda. Dan dengan begitu banyak orang di media sosial menjadi lebih mudah untuk mempersonalisasi pengalaman brand dengan menggunakan data penargetan yang tepat.

Contohnya pada tahun 2019, Spotify merilis kampanye marketing pribadi tahunan dengan mengungkapkan tren streaming dan preferensi musik pendengar individu dari tahun sebelumnya. Pendekatan yang sangat personal ini terbukti sangat populer di kalangan pengguna Spotify, mendorong jutaan orang untuk membagikan #2019Wrapped di media sosial.

 

5. Going Live

Tahukah Anda bahwa satu dari lima video Facebook adalah streaming live? Dan 1 juta pengguna Instagram menonton video live setiap harinya? Platform sosial lainnya semuanya juga mengikuti tren video live, seperti Twitter, YouTube, dan bahkan LinkedIn.

Salah satu alasan utama mengapa video live menjadi sangat populer, baik untuk brand maupun individu, adalah karena tingginya tingkat interaksi dan keterlibatan yang dihasilkannya. Video live memiliki tingkat keterlibatan tertinggi dari semua jenis konten, memungkinkan audiens tidak hanya terlibat, tetapi benar-benar berinteraksi dengan orang, brand, atau bisnis favorit mereka di media sosial secara real time. Meskipun tren ini pasti akan tumbuh dengan sendirinya, tren video live benar-benar meningkat tahun ini – antara krisis global, masalah lingkungan, dan gerakan sosial yang mendominasi tahun 2021, orang-orang sekarang mendambakan interaksi lebih dari sebelumnya.

 

6. Content for Good

Dengan meningkatnya fokus pada isu sosial, politik dan lingkungan di seluruh dunia sepanjang tahun 2020 dan 2021. Seperti Black Lives Matter, Covid-19, dan banyak lagi. Maka media sosial dapat menjadi cara utama untuk menyebarkan kesadaran dan berbagi konten untuk kebaikan.

Ini karena media sosial memungkinkan orang dan brand menjangkau banyak orang dengan pesan positif mereka. Sekaligus menciptakan dialog terbuka dengan menyambut interaksi dan keterlibatan yang berasal dari audiens.

 

7. Self-Aware Marketing

Dengan mendominasinya media sosial sekarang ini, banyak pelanggan menjadi lebih sadar tentang marketing di platform media sosial. Dan akhirnya menuntut untuk menunjukkan keaslian dari produk bisnis Anda. Contohnya adalah Konten Self-Aware Marketing.

 

Udah tahukan Tren Media Sosial apa saja di tahun 2021. Buat Anda yang ingin tahu lebih detail seputar Strategi Sosial Media Marketing. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut

 

Baca Juga : Menemukan Ide Konten Media Sosial

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing