fbpx
Apa itu Sales Plan?

Apa itu Sales Plan?

Apa itu Sales Plan? Apakah Anda memiliki sales plan dalam bisnis Anda? Bagaimanakah cara menulis sales plan?

 

Apa itu Sales Plan?

Sales Plan (Rencana Penjualan) menjabarkan tujuan Anda, taktik, target audiens, dan hambatan potensial. Ini seperti rencana bisnis tradisional tetapi berfokus secara khusus pada strategi penjualan Anda. Rencana bisnis menjabarkan tujuan Anda — sales plan menjelaskan dengan tepat bagaimana Anda akan mewujudkannya.

 

Tujuan dari Sales Plan yang Efektif

Tujuan dari sales plan perusahaan Anda adalah untuk:

  • Komunikasikan tujuan dan target perusahaan Anda.
  • Memberikan arahan strategis.
  • Garis besar peran dan tanggung jawab.
  • Pantau kemajuan tim penjualan Anda.

 

Proses Pembuatan Sales Plan

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa perencanaan penjualan tidak hanya mencakup pembuatan dokumen sales plan. Yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Kumpulkan data penjualan dan cari tren.
  2. Tentukan tujuan Anda.
  3. Tentukan metrik untuk sukses.
  4. Menilai situasi saat ini.
  5. Mulai perkiraan penjualan.
  6. Mengidentifikasi kesenjangan.
  7. Inisiatif dalam memikirkan ide baru.
  8. Libatkan para pemegang saham/petinggi perusahaan.
  9. Buat garis besar item tindakan.

 

Cara Menulis Sales Plan

 

1. Buat pernyataan misi

Mulailah rencana penjualan Anda dengan menyatakan misi dan pernyataan visi perusahaan Anda, dan tulislah sejarah singkat bisnis tersebut. Ini akan memberikan informasi latar belakang saat rencana menelusuri detail spesifik.

 

2. Tentukan peran dan tanggung jawab tim Anda

Selanjutnya, jelaskan siapa yang ada di tim Anda dan apa peran mereka.

 

3. Identifikasi target market Anda

Mengetahui demografi target Anda sangatlah penting. Seperti apa pelanggan terbaik Anda? Apakah mereka semua berada di industri tertentu?

Ingatlah bahwa Anda mungkin memiliki persona pembeli yang berbeda untuk produk yang berbeda.

Bagian dari sales plan Anda ini juga dapat berubah secara dramatis dari waktu ke waktu saat solusi dan strategi Anda berkembang dan Anda menyesuaikan kecocokan pasar produk. Itulah mengapa penting untuk meninjau dan memperbarui persona Anda secara konsisten.

 

4. Uraikan tools, software, dan sumber daya Anda

Anda juga harus menyertakan deskripsi sumber daya Anda. Software CRM mana yang Anda rencanakan untuk digunakan?

Di sinilah Anda akan menjelaskan tools mana yang harus digunakan salespeople (tenaga sales) Anda untuk berhasil dalam pekerjaan mereka.

 

5. Analisis posisi Anda dalam industri Anda

Sekarang, beri nama kompetitor Anda. Jelaskan kelebihan produk Anda dan yang membedakan dengan produk kompetitor Anda. Selain itu, diskusikan harga mereka versus harga Anda.

Anda juga harus mendiskusikan market trends. Cobalah untuk memprediksi bagaimana perubahan ini akan mempengaruhi bisnis Anda.

 

6. Rencanakan strategi marketing Anda

Di bagian ini, jelaskan harga dan promosi apa pun yang Anda rencanakan untuk dijalankan. Tindakan utama apa yang akan Anda ambil untuk meningkatkan brand awareness dan menghasilkan prospek? Perhatikan dampaknya terhadap penjualan.

 

7. Kembangkan prospecting strategy Anda

Identifikasi inbound dan outbound sales methods mana yang akan digunakan tim Anda untuk mendapatkan lebih banyak transaksi.

 

8. Buat action plan

Setelah Anda menguraikan ke mana tujuan Anda, Anda harus mencari tahu bagaimana Anda akan sampai di sana. Bagian ini merangkum rencana Anda untuk mencapai target pendapatan Anda.

 

9. List goals Anda

Sebagian besar sasaran penjualan didasarkan pada pendapatan. Misalnya, Anda dapat menetapkan target total $10 juta dalam annual recurring revenue (ARR). Atau, Anda dapat menetapkan target volume. Itu bisa jadi 100 pelanggan baru atau 450 penjualan.

Tentu saja, Anda mungkin akan memiliki lebih dari satu tujuan. Identifikasi yang paling penting, lalu urutkan sisanya berdasarkan prioritas.

 

10. Tetapkan anggaran Anda

Jelaskan biaya yang terkait dengan pencapaian sales goals Anda. Bandingkan anggaran rencana penjualan dengan perkiraan penjualan Anda untuk penganggaran yang akurat.

 

Itulah beberapa informasi seputar sales plan yang bisa Anda ketahui. Mulai dari apa itu sales plan hingga cara menulis sales plan.

 

Dan untuk Anda yang masih kebingungan dalam membangun Personal Brand di Media Sosial. Atau Anda sering bingung memikirkan sales plan maupun strategi marketing Anda.

Segera konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Aturan dan Regulasi Email Marketing yang Harus Anda Tahu!

#SalesPlan #Marketing #Sales #Information