fbpx

Hindari Terjadinya Kesalahan Sales Berikut di 2022

Sebaiknya hindari terjadinya kesalahan sales berikut ini terutama pada saat “Closing”. Apa sajakah kesalahan tersebut?

 

Kesalahan Sales Closing

Berikut adalah kesalahan sales closing yang paling umum dan menghancurkan jika dilakukan secara konsisten.

 

1. Meremehkan Pentingnya Discovery Call

Menurut sebagian besar prospek, mereka berada dalam kelompok yang sama dengan kompetitor mereka. Siapa pun yang menyelesaikan bagian pertama dari proses penjualan cenderung menjadi orang yang akan menyelesaikannya.

Discovery call adalah panggilan dekat yang baru, jadi jika Anda tidak mengajukan pertanyaan yang tepat, kesepakatan akan berhenti begitu saja.

 

2. Hanya Sekali Closing

Disni, Anda harus secara konsisten “closing” selama proses penjualan karena tiga alasan utama:

  1. Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih besar dan lebih besar dari prospek Anda.
  2. Anda akan menyaring kicker ban.
  3. Terakhir, Anda akan mendapatkan informasi penting, perkenalan, dan banyak lagi.

 

3. Tidak Meminta Apa Yang Anda Inginkan

Ada dua alasan mengapa salespeople tidak hanya menyatakan apa yang mereka inginkan dari prospek. Mereka mungkin takut ditolak, jadi mereka melunakkan bahasa mereka untuk meminimalkan kemungkinan mendengar “tidak”.

Di sisi lain, mungkin saja mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan. Ini adalah kesalahan penjualan yang harus dihindari. Karena jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, bagaimana Anda bisa mendapatkannya dari prospek?

Sebaiknya Anda harus meminta apa yang Anda inginkan dari prospek tanpa takut mendengar tidak.

 

4. Menggunakan Pernyataan Alih-alih Pertanyaan

Closing harus selalu diungkapkan sebagai pertanyaan, bukan pernyataan. Ini bekerja paling baik karena pertanyaan membutuhkan jawaban langsung — pernyataan tidak.

Mengajukan pertanyaan langsung akan membantu Anda menyelesaikan kesepakatan dengan lebih efektif daripada pernyataan biasa. Pertanyaan juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan jawaban langsung dan, jika diperlukan, tindak lanjut oleh perwakilan sales jika mereka membutuhkan lebih banyak waktu.

 

5. Tidak Mendapatkan Dukungan Pribadi Dari Prospek

Kesalahan lain dalam proses closing adalah tidak mendapatkan prospek untuk membeli demi keuntungan pribadi.

Menanyakan kepada prospek apa yang akan mereka peroleh secara pribadi akan memberi mereka waktu untuk melihat semua keuntungan dan melanjutkan bisnis Anda. Dan ini bisa menjadi salah satu solusi.

 

6. Tidak Menciptakan Rasa Urgensi

Hindari kesalahan penjualan umum dengan tidak menciptakan rasa urgensi. Anda juga harus menciptakan timing yang tepat, artinya menciptakan rasa urgensi. Menjelaskan mengapa mereka harus bertindak sekarang adalah satu-satunya cara untuk menutup kesepakatan.

Dengan menciptakan rasa urgensi, Anda akan dapat menekankan bahwa kebutuhan tersebut harus diselesaikan sekarang dan bahwa pendapatan perusahaan dipertaruhkan. Dengan demikian, Anda dapat menutup lebih awal dari yang Anda inginkan.

 

7. Mencoba Closing Melalui Pihak Ketiga

Jangan pernah melalui pihak ketiga, tetapi izinkan kontak pihak ketiga untuk mengarahkan Anda ke pengambil keputusan untuk menutup kesepakatan.

 

8. Menggunakan Trik Closing Underhanded

Sebuah kesalahan penjualan yang harus dihindari adalah untuk tidak jatuh kembali pada trik. Masalah dengan trik tersebut adalah bahwa trik tersebut benar-benar transparan, memberikan tekanan yang tidak perlu pada pembeli, dan tidak berfungsi dengan baik.

Tidak menggunakan trik closing dan menjaga perilaku Anda tetap konsisten selama proses akan membuat pembeli senang setelah closing berakhir.

 

9. Menunggu Terlalu Lama untuk Menjawab Pertanyaan dan Keberatan

Anda tidak ingin menunggu untuk mengajukan pertanyaan penting, karena Anda berisiko terlambat mengetahui kriteria pembelian penting. Ajukan pertanyaan Anda lebih awal untuk membantu menyelesaikan kesepakatan dengan lebih baik.

 

10. Terlalu Banyak Berbicara

Ingatlah untuk tidak terlalu banyak bicara. Selama Anda telah mengatakan tujuan Anda, berhentilah bicara. Berbicara berlebihan dapat menakuti calon pembeli. Biarkan mereka merespons dan mengakhiri percakapan.

 

11. Menjadi Terlalu Persisten Saat Prospek Mengatakan “Tidak”

Jangan menjadi jengkel atau memaksa saat mendengar kata “tidak”. Sebagai salespeople, biarkan tidak menjadi jawaban mereka. Jika ada cara untuk mendapatkan penjualan di lain waktu, ajukan pertanyaan lanjutan. Jangan terlalu gigih untuk mendapatkan ya, karena Anda akan meninggalkan rasa tidak enak di mulut pembeli.

 

12. Berusaha Memudahkan Closing untuk Prospek

Tenaga sales sering kali percaya bahwa penutupan harus mudah bagi prospek, tetapi itu adalah kesalahan penjualan yang ingin Anda hindari.

Jika Anda ingin prospek merasa nyaman tetapi tidak terlalu nyaman selama proses penutupan. Menambahkan sedikit tekanan kepada pembeli sambil tetap percaya diri dan ringkas akan membuat Anda siap untuk sukses.

 

Itulah beberapa hal yang Anda hindari terjadinya kesalahan sales di tahun 2022 ini!

 

Dan untuk Anda yang masih kebingungan dalam membangun Personal Brand di Media Sosial. Atau Anda sering bingung memikirkan konten Media Sosial Anda.

Segera konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Penjelasan Singkat Seputar Cold Calling

#KesalahanSales #Marketing #Sales #Information