fbpx
Bursa Asia Pada Libur, STI Singapura & IHSG Pesta Pora!

Bursa Asia Pada Libur, STI Singapura & IHSG Pesta Pora!



Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa saham Asia pada Kamis (30/9/2020) ditutup di zona hijau. Namun bursa saham Asia cenderung sepi, karena bursa-bursa di negara kawasan Asia Timur Raya seperti China, Hong Kong, dan Korea Selatan hari ini tidak dibuka karena libur nasional.

Seharusnya bursa Jepang hari ini dibuka, namun karena ada masalah teknis, bursa di Negara Sakura tersebut terpaksa dihentikan sepanjang hari.

Namun, bursa di kawasan Asia Tenggara, seperti Straits Times Index (STI) Singapura dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia tetap dibuka dan berjalan seperti biasa.


Tercatat, indeks STI Singapura ditutup melesat 1,38% dan menjadikan indeks asal Negeri Singa tersebut mencatatkan rekor tertinggi selama seminggu terakhir.

Sedangkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup terbang 2,05% di level 4.970,09.

IHSG tak henti-hentinya menunjukkan kenaikan pada hari ini, karena investor asing sedang giat-giatnya masuk ke pasar saham Indonesia.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi beli bersih sebanyak Rp 65 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 7,1 triliun.

Bursa saham Asia menghijau karena sentimen positif global di mana Amerika Serikat (AS) dikabarkan kian dekat mencapai kesepakatan stimulus.

Jika stimulus dicairkan, maka ekonomi Negara Adidaya tersebut berpeluang lebih besar untuk bertahan di tengah pandemi.

“Saya bilang kita akan mencoba lagi lebih serius untuk menyelesaikan ini dan saya pikir ada harapan bahwa kita bisa menuntaskannya… ada alasan untuk berkompromi di sini,” ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam forum yang digelar CNBC International.

Perkembangan positif juga datang dari penanganan pandemi, di mana perusahaan farmasi Regeneron mengumumkan bahwa obatnya yang bernama REGN-COV2 bisa mengurangi tingkat viralitas virus corona (Covid-19) dan memperbaiki kondisi.

Pelaku pasar juga sedang mengamati beberapa data ekonomi di kawasan Eropa yang akan dirilis malam nanti, seperti pembacaan final Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) Eropa per September dan tingkat pengangguran Zona Euro per Agustus.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *