fbpx
Cina Kuasai 73 Persen Pasar Ponsel di Indonesia, Siapa Teratas?

Cina Kuasai 73 Persen Pasar Ponsel di Indonesia, Siapa Teratas?


TEMPO.CO, Jakarta – Persaingan di pasar ponsel pintar Cina sangat ketat dan banyak merek yang menyasar pasar ke luar China. Menurut laporan terbaru Counterpoint Research, salah satu pasar ponsel pintar (smartphone) yang sedang berkembang di dunia adalah Indonesia.

Menurut laporan tersebut, merek Cina memiliki porsi besar dalam pasar ponsel pintar Indonesia. Laporan tersebut menunjukkan bahwa pada kuartal kedua tahun ini, Vivo memimpin pasar dengan pangsa pasar 21,2 persen.

Setelah Vivo, ada Oppo di posisi kedua dengan 20,6 persen, lalu Samsung 19,6 persen, Xiaomi (17,9 persen) dan Realme (13,6 persen). Di antara mereka, produsen ponsel Cina menyumbang 73,3 persen. Ini menunjukkan betapa populernya merek Cina di Indonesia.

Pada kuartal kedua tahun lalu di Indonesia, pabrikan terkemuka di pasar adalah Samsung. Namun, karena beberapa alasan, pangsa pasar pabrikan ini menurun, tetapi Vivo dan Realme mengantarkan pertumbuhan substansial.

Selain itu, saat mengomentari pasar yang dibawa oleh platform daring, Wakil Direktur CounterPoint mengatakan bahwa Xiaomi telah menjadi pemimpin dalam penjualan saluran daring dengan pangsa 40 persen.

Adapun, Redmi 8A menjadi model terlaris yang dijual secara daring, disusul Realme seri 5i dan Redmi Note 8.

“Selain Xiaomi, Realme dan Samsung masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dalam penjualan pasar online,” tuturnya seperti dikutip dari www.gizchina.com.

Sayangnya, baik portal berita daring tersebut maupun Counterpoint Research tidak secara spesifik menyebutkan jumlah unit ponsel pintar yang terjual selama periode tersebut.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *