fbpx
maksimalkan-content-strategy-anda-dengan-9-langkah-ini

Maksimalkan Content Strategy Anda dengan 9 Langkah ini!

Gimana sih caranya memaksimalkan content strategy Anda?

Ketika Anda ingin memulai bisnis online, maka Anda harus bikin konten.

 

Tapi…
Mengapa Anda butuh konten?

 

Konten dibutuhkan untuk menangkap perhatian orang terutama di dunia digital. Misalnya,
“Ketika Anda sedang menyetir mobil, Anda akan mendengarkan musik, radio maupun podcast agar tidak terasa sepi.”

Dari pemahaman ini untuk menangkap perhatian orang Anda harus menjadi CONSISTENT CONTENT CREATOR.

Nah, sekarang bagaimana dan seperti apa memulai dan memaksimalkan content marketing strategy itu?

 

1. Set Your Goal

Anda harus tahu Tujuan atau Goal Anda membuat konten tersebut.

Ingin berjualankah, menjaring prospek atau ingin lebih mengedukasi target Anda? Itu semua harus Anda tentukan dahulu.

2. KPI (Key Performance Indicator)

Tentukan KPI/Target dari Konten Anda.

Berapa view sehari, berapa propsek seminggu, berapa penjualan sebulan. Semua hal tersebut harus sudah Anda targetkan.

3. Audience

Tentukan Siapa Target Market Anda.

Dan ketika Anda sudah menentukan target market Anda, langkah selanjutnya adalah menemukan pertanyaan yang menjadi BURNING QUESTION mereka.

4. Choose Your Content Channel

Pilih Content Channel Anda. Apakah Anda ingin menggunakan semua channel, Youtube saja atau bahkan hanya Instagram saja?

Intinya adalah apakah target market Anda menggunakan channel yang sama dengan channel Anda.

5. Content Types

Setelah Anda menentukan channel apa yang target market Anda gunakan, barulah Anda bisa memilih tipe konten yang dapat Anda gunakan.

Konten berupa video, carousel, gambar, reels, dan sebagainya bisa Anda gunakan di Instagram. Sedangkan Anda hanya dapat menggunakan konten video di Youtube.

6. Resources

Jika Anda sudah mulai konsisten dalam membuat konten, maka Anda sudah harus mulai memikirkan resources Anda.

“Apakah Anda ingin melakukan semua sendiri atau Anda membutuhkan tim yang membantu mulai memikirkan ide konsep hingga konten tersebut tayang?”

7. Content Calendar

Lalu ada Content Calendar. Yang akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam membuat konten.

Dengan menjadwalkan konten yang akan Anda posting pada hari tertentu, Anda dapat menyiapkan konten  tersebut lebih matang sebelum jadwal konten tersebut diposting.

8. Measure Your Result

Jangan lupa, Anda harus mengukur keberhasilan Anda. Apakah sudah sesuai dengan KPI yang sudah tentukan atau belum?

9. Create and Publish Your Content

Mulailah membuat dan mempublish konten Anda, jangan hanya memikirkan ide tapi tidak pernah dibuat.

“DONE IS BETTER THAN PERFECT.”

Jangan memikirkan konten hingga sempurna, mulailah membuat dan mempublishnya. Karena konten yang Anda buat akan membaik seiring berjalannya waktu.

 

Jika Anda ingin lebih detail mempelajari seputar Content Marketing Strategy atau Anda memiliki permasalahan dalam bisnis Anda. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Tingkatkan Omset Anda dengan Email Marketing

#belajardigitalmarketing #rahasiadigitalmarketing #bisnisdigitalmarketing