Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS menurut para Ahli Ekonom

Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) saat ini nilai tukar rupiah berada di angka 15.133 per dollarnya, semakin melemah jika sebelumnya kita ketahui masih berada di angka 15.088 per dollarnya. Lantas bagaimana pendapat para pakar ekonomi ini, berikut ulasannya.

Sri Mulyani

Selaku Menteri Keuangan beranggapan bahwa melemahnya rupiah ini dikarenakan faktor eksternal. Ia menambahkan bahwasanya salah satu faktor yang menjadikan rupiah semakin melemah yakni adanya sentimen terkait defisit anggaran yang sedang dilanda Italia, sedangkan untuk faktor internalnya yakni adanya defisit neraca pembayaran.

Sri Mulyani meyakinkan bahwa Pemerintah dan Bank Indonesia akan terus berusaha mengendalikan nilai rupiah untuk tetap berada di level yang wajar.Bahkan dari BI sendiri sekarang telah mengeluarkan bauran kebijakan tentang suku bunga. Sedangkan pemerintah juga membuat peraturan untuk mencampurkan CPO 20% ke dalam solar untuk dapat menekan impor dan penghematan devisa

David Sumual

Selaku Ekonom pada PT Bank Central Asia, Tbk. Menurutnya melemahnya rupiah ini masih perlahan, sehingga masih bisa diperhitungkan secara matang lagi oleh para pengusaha sektor riil.Tambahnya lagi bahwa nilai rupiah akan tetap melemah hingga akhir tahun 2018. Peran pemerintah dan Bank Indonesia sangat menjadi harapan besar baginya, karena yang memiliki peluang terbesar untuk bisa menstabilkan nilai rupiah adalah mereka.

Acuviarta Kartabi

Selaku Pengamat Ekonomi menjelaskan bahwa penurunan nilai mata uang ini berpengaruh pada tingkat keamanan Indonesia. Indonesia harus dapat menyusun langkah untuk mensiasatinya, misalnya saja dengan mengurangi tingkat impor barang. Menurutnya nilai tertinggi pada dollar yakni terletak pada impor Bahan Bakar Minyak, sehingga bagaimana caranya untuk meminimalisir pemasokan BBM sekalipun dengan berbagai resiko yang ada.

“Pemerintah harus mengatur para pelaku usaha yang melakukan pengeksportan barang untuk menstabilakan dollar dengan memasukkan devisanya ke dalam negeri. Karena jika dollar tetap tidak seimbang akibatnya cadangan devisa yang ada akan terus berkurang dan akan semakin menekan nilai tukar rupiah,” Tambahnya.

Sumber :
http://jabar.tribunnews.com/2018/08/31/nilai-tukar-rupiah-melemah-ini-kata-pengamat-ekonomi
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3659175/sri-mulyani-rupiah-tembus-rp-15-ribu-karena-faktor-eksternal