fbpx
Meski Pandemi, Tak Surutkan Minat Kaum Milenial Beli Rumah KPR

Meski Pandemi, Tak Surutkan Minat Kaum Milenial Beli Rumah KPR


JawaPos.com – Perbankan yang berfokus pada pembiayaan perumahan, Bank Tabungan Negara (BTN) mengungkapkan, realisasi penyaluran kredit rumah bersubsidi ternyata didominiasi oleh para milenial di bawah usia 35 tahun.

“Kita sudah menyalurkan rumah bersubsidi ini sejak tahun 2012 sampai dengan sekarang 120 ribu unit, yang mengagetkan saya ternyata sebagian besar didominasi oleh segmen millenial dengan usia di bawah 35 tahun,” kata Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN Alex Sofjan Noor dalam seminar secara virtual, Sabtu (29/8).

Alex memaparkan, sejak tahun 2020 hingga Juni 2020, sebesar 75 persen dari total realisasi UUS BTN berasal dari generasi millenial sebesar 92.747 unit. “Kalau saya melihat segmen portofolio milenial di sini adalah 75 persen daripada total portofolio kita,” ucapnya.

Dengan demikian, pihaknya optimis untuk mengubah pola pikir daripada generasi milenial dari yang memprioritaskan gaya hidup ke investasi aset properti seperti hunian. Sebab, rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Alex mengatakan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menggerus roda perekonomian nasional, namun penyaluran FLPP masih tumbuh sekitar tujuh persen. Bahkan untuk penyaluran KPR rumah non-subsidi tumbuh 12 persen di masa covid-19 saat ini.

“Sektor perumahan cukup kuat di dalam market, di mana rumah dianggap sebagai sebuah kebutuhan pokok oleh masyarakat khususnya generasi milenial,” ucapnya.

Alex menambahkan, generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal termasuk dalam memiliki tempat tinggal. Generasi milenial menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan untuk berinvestasi properti, dan angsuran kredit rumah yang fleksibel.

Selain itu generasi milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang, dan proses pembiayaan yang cepat dan ringkas saat ingin memiliki rumah atau hunian pribadi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *