Milenial Harus Inovatif Untuk Menjadi Pemimpin

Basuki Hadimuljono, selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa persiapan yang akan dihadapi pada era perkembangan teknologi digital nantinya juga harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang inovatif dan kreatif. Untuk itu, generasi milenial sudah seharusnya mengikuti perkembangan teknologi dengan menggunakan perannya dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur yang mana dalam era ini sangat dibutuhkan pemimpin yang mampu menjadi pendobrak, yakni yang memiliki tanggung jawab serta komitmen untuk terus berinovasi.

Menurutnya, untuk menlahirkan SDM yang unggul tidak cukup hanya menjadi pintar tetapi juga harus dilengkapi dengan akhlakul karimah karena semua pekerjaan tidak hanya dikerjakan sendiri melainkan juga membutuhkan kerjasama tim. Selain itu, keberadaan generasi milenial juga harus membuat orang-orang disekitarnya nyaman, aman serta dapat memberikan manfaat. Selain dapat memberikan pendidikan dan pelatihan, Kementerian PUPR juga memberikan amanat kepada generasi muda untuk langsung terjun ke lapangan.

Misalnya saja pada saat gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2018 lalu. Kurang lebih 400 insinyur muda PUPR diberikan tugas untuk menjadi tenaga pendamping masyarakat dalam membangun kembali rumah yang memnuhi kaidah rumah tahan gempa.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191203112850-97-453655/