Penghematan biaya rumah sakit saat menggunakan teknologi digital

Penggunaan teknologi harus diaplikasikan pula di sisi kesehatan yang tak lain adalah rumah sakit. Yang sebelumnya medical record berbentuk tumpukan kertas-kertas dan saat ini berganti menjadi file digital. Selain menjadi ramah lingkungan, dengan mengaplikasikan sistem digital ini dapat memberikan banyak manfaat.

Seperti yang dilakukan GE Healthcare dan RS Premier Bintaro di Departemen Radiologi RS Premier Bintaro mengemukakan bahwa dengan menggunakan teknologi digital dapat menjadikan rumah sakit tersebut menghemat cost sampai dengan 31%. Penghematan tersebut dikarenakan berkurangnya penggunaan film rontgen yang setiap lembarnya dapat menekan pengeluaran yang mana dengan menggunakan teknologi saat ini rumah sakit tidak perlu menggunakan film lagi karena dapat diakses menggunakan software, tambahan dari VP Business Development dan IT Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia Wildan Djohany.

Tak hanya pihak rumah sakit yang diuntungkan, pihak pasien pun juga turut diuntungkan karena dengan menggunakan teknologi digital akan dapat mempersingkat waktu tunggu pasien hingga 38% berkat efisiensi alur kerja, tak hanya itu ketepatan diagnostik juga dapat meningkatkan kualitas gambar dan pengukuran radiologis yang lebih baik sekitar 10%.

Catatan medis elektronik juga dirasa cocok jika diterapkan di dalam departemen radiologi berskala kecil hingga menengah yang dapat menghubungkan dengan sistem rumah sakit yang lainnya, hal tersebut di kemukakan oleh Putty Kartika selaku country director dari GE Healthcare Indonesia.

Sumber : https://www.suara.com/health/2018/09/06/180000/teknologi-digital-bikin-rumah-sakit-hemat-biaya-sampai-31-persen