fbpx
Sosial Media Marketing Instagram untuk Pemula

Sosial Media Marketing Instagram untuk Pemula

Strategi dan tips Sosial Media Marketing Instagram seperti apa yang bisa Anda lakukan sebagai pemula?

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto dan video. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram telah menggemparkan dunia dan digandrungi oleh banyak orang.

Kini, Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai marketing platform. Lewat sebuah akun bisnis, Anda dimungkinkan untuk menampilkan sebuah produk, mempromosikan produk, dan bahkan bisa menginspirasi para penggunanya.

Bagaimana cara memulai Sosial Media Marketing Instagram untuk seorang Pemula?

 

A. Membuat Sebuah Akun Bisnis

Dalam membuat akun bisnis, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

  • Memilih Username
    Pilihlah username yang mudah diingat, seperti nama bisnis Anda.
  • Memilih Foto Profil
    Foto profil sangat penting sebagai first impression pengunjung baru terhadap profil Anda. Gunakan logo atau gambar yang menarik, unik, dan mudah untuk diingat pengguna.
  • Maksimalkan Bio Anda
    Bio Instagram ditujukan untuk menampilkan tujuan dari bisnis Anda secara singkat. Mulai dari siapa Anda, produk atau jasa apa yang Anda jual, dan mengapa mereka harus membeli produk atau jasa Anda.

Disini, Anda juga dapat menampilkan nomor telepon, alamat email dan link yang dapat memudahkan pengguna untuk menghubungi bisnis Anda secara langsung.

 

B. Membuat Konten yang Menarik

Instagram memungkinkan Anda memposting konten dengan fitur yang telah disediakan. Beberapa fitur yang bisa Anda maksimalkan yaitu:

  1. Fitur Grid atau Post
    Ini adalah fitur yang menampilkan preview konten Anda (gambar dan video) dalam bentuk kotak.
  2. Instagram Story
    Konten yang ditaruh pada bagian story akan hilang dalam jangka waktu 24 jam. Mengingat hal tersebut, bagian story pada akun Anda sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana promo terkini atau informasi singkat lainnya
  3. Instagram Story Highlights
    Instagram story highlights merupakan story yang sebelumnya sudah diposting. Fitur ini berbentuk lingkaran kecil di bawah bio Instagram. Anda bisa menampilkan daftar produk atau jasa, promo terkini, info lokasi, dan masih banyak lagi.
  4. IGTV
    IGTV merupakan fitur Instagram yang memperbolehkan user mengupload video dengan durasi lebih panjang.
  5. IG Live
    IG Live memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens Anda secara realtime. Ini sangat bermanfaat untuk membangun hubungan yang kuat antara brand Anda dan audiens Anda.
  6. Instagram Reels
    Fitur Instagram Reels memungkinkanmu untuk membuat video singkat selama 15 detik dengan pilihan audio, efek, dan tools kreatif lainnya. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggabungkan atau bahkan merekam beberapa klip untuk dapat menjadi satu video utuh.

 

C. Posting Konten Secara Reguler

Anda pasti menginginkan audiens Anda mengingat brand Anda dan tetap engaged dengan mereka. Kunci dari mencapai kedua hal tersebut adalah dengan mem-posting konten secara konsisten.

Perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk memposting sebuah konten berbeda-beda tergantung dari industri dan tipe audiens Anda. Setelah Anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk memposting konten, Anda bisa membuat content calendar untuk merencanakan dan menjadwalkan konten.

 

 

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui Strategi Sosial Media Marketing untuk setiap platform. Anda bisa konsultasikan bersama kami dengan mengklik link disini.

 

 

Baca Juga : 5 Langkah Sosial Media Marketing Untuk Pemula

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing