fbpx
Cara Memanfaatkan Big Data dalam Bisnis

Cara Memanfaatkan Big Data dalam Bisnis

Bagaimanakah cara memanfaatkan big data dalam bisnis? Apa sebenarnya itu? Dan apa manfaatnya?

 

Apa itu big data untuk bisnis?

Big data adalah semua informasi yang Anda buat. Ini adalah data yang berpindah dari perangkat digital ke router ke server ke cloud dan kembali lagi. Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Big data datang dalam beberapa jenis :
  • Tersusun. Data terstruktur disimpan dalam database tradisional seperti spreadsheet atau database SQL.
  • Tidak terstruktur. Data tidak terstruktur ditemukan dalam database non-tradisional seperti email, posting media sosial, teks, dan video.
  • Semi-terstruktur. Data semi-terstruktur tidak diformat dalam format basis data relasional tradisional. Alih-alih, ini diatur sedemikian rupa dengan skema tertentu yang membuatnya lebih mudah untuk dianalisis daripada data yang tidak terstruktur.

 

Manfaat Big Data Bagi Bisnis

 

1. Memotong Biaya

Big data dapat berdampak signifikan pada pemotongan biaya di bisnis Anda dengan mengidentifikasi proses dan alur kerja yang berlebihan. Dengan data terbaru, Anda dapat menemukan area bisnis Anda untuk ditingkatkan atau diturunkan.

2. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Big data mendorong layanan pelanggan yang lebih baik. Dengan wawasan waktu nyata ke dalam basis pelanggan Anda, Anda dapat mengetahui bagaimana konsumen berpikir dan berperilaku. Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda dapat membuat perubahan pada bisnis Anda sebagai hasilnya.

3. Identifikasi (dan Selesaikan) Masalah

Selain melacak pelanggan, Anda dapat menyelesaikan masalah yang terkait dengan supplier, investor, dan klien lainnya. Dengan laporan waktu nyata, Anda mendapatkan ikhtisar 360 derajat tentang bisnis Anda, dan Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas di masa mendatang.

4. Meningkatkan Pendapatan

Data yang bagus mungkin memberi Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk meluncurkan produk baru atau mendiversifikasi bisnis Anda, dan ini terbukti menguntungkan.

5. Manajemen Tim

Big data juga mempermudah pengelolaan tim di bisnis Anda. Ini karena sistem analitik menghasilkan wawasan yang membantu Anda meningkatkan produktivitas.

 

Bagaimana Bisnis Dapat Memanfaatkan Big Data?

Ingat: Anda perlu menganalisis data tersebut dan menggunakan temuan tersebut untuk membuat keputusan bisnis terinformasi yang menggerakkan jarum dan menyenangkan pelanggan Anda.

Jadi, bagaimana bisnis Anda memanfaatkan big data untuk hasil terbaik? Berikut beberapa contohnya.

  1. Tingkatkan keputusan penetapan harga Anda.
  2. Personalisasi pengalaman.
  3. Tetap gesit.
  4. Gunakan CRM Anda dengan cerdas.
  5. Jelajahi solusi analitik lainnya.
  6. Integrasikan data Anda.
  7. Buat laporan yang berwawasan.

 

Itulah manfaat dan cara memanfaatkan big data untuk bisnis Anda.

 

Dan untuk Anda yang masih kebingungan dalam membangun Personal Brand di Media Sosial. Atau Anda sering bingung memikirkan konten Media Sosial Anda.

Segera konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Metrik Produktivitas Sales yang Utama di Tahun 2023

#BigData #Marketing #Sales #Information