fbpx
Indonesia Masuk Prioritas Kerja Sama Pembangunan Swiss hingga 2024

Indonesia Masuk Prioritas Kerja Sama Pembangunan Swiss hingga 2024


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Pemerintah Swiss telah memasukkan Indonesia sebagai daftar negara prioritas kerja sama pembangunan periode 2021-2024. Kabar itu disampaikan dalam lawatan Retno bersama Menteri BUMN Erick Thohir ke Swiss baru-baru ini.

“Indonesia menyampaikan apresiasi atas kebijakan Pemerintah Swiss,” ujar Retno dalam konferensi virtual, Jumat, 16 Oktober 2020.

Retno mengatakan, selama ini Swiss adalah mitra penting bagi Indonesia di bidang investasi. Swiss, kata dia, menduduki peringkat keempat sebagai investor asing terbesar dari Eropa di Tanah Air.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal, investasi Swiss di Indonesia secara kumulatif dari 2015-2019 mencapai US$ 1,42 miliar yang tersebar ke 1.097 proyek. Di sisi lain, perdagangan kedua negara pun menunjukkan tren positif.

Retno mengatakan, pada masa pandemi, nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 2,1 miliar hingga Juli 2020. Angka ini bahkan melewati nilai perdagangan 2019 yang sebesar US$ 900 juta.

Untuk memperkuat kerja sama kedua negara, Retno menjelaskan, Indonesia pun mengusulkan lima hal. Pertama, Indonesia menyarankan isu kesehatan dimasukkan sebagai salah satu poin kerja sama kedua negara. Kerja sama kesehatan ini bisa berupa penguatan perjanjian antar-institusi, telemedicine, pengembangan riset, hingga inovasi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *