fbpx
istilah-istilah-dalam-bisnis-afiliasi

Istilah-Istilah dalam Bisnis Afiliasi

Jika Anda berniat menjalankan bisnis afiliasi, maka Anda juga perlu mengenal istilah-istilah di dalamnya agar tidak bingung. Berikut beberapa istilah penting di bisnis afiliasi:

1. Affiliate

Affiliate adalah orang yang bekerja sama dengan perusahaan atau penyedia program afiliasi untuk mempromosikan produk, layanan, atau bahkan memperkenalkan brand kepada para pengunjung situsnya.

2. Pembayaran

Beberapa jenis metode pembayaran yang umum digunakan adalah:

  • CPS (Cost Per Sale) – Sistem pembayaran yang akan membayar Anda dari persentase harga penjualan produk afiliasi.
  • CPL (Cost Per Lead) – Pada sistem pembayaran pay per lead, Anda akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang sudah berhasil menjadi leads. Seperti mengisi info kontak, mendaftar jadi anggota, mendownload sesuatu, atau berlangganan newsletter.
  • CPC (Cost Per Click) – Sistem pembayaran dimana Anda akan mendapatkan komisi jika ada yang mengklik link afiliasi Anda.
  • CPA (Cost Per Action) – Anda akan menerima pembayaran saat user menyelesaikan permintaan yang Anda iklankan (mengisi formulir atau survei)

3. Jaringan Afiliasi

Jaringan afiliasi adalah pengelola dan penyedia fasilitas produk dan layanan (merchant) yang ingin menggunakan jasa publisher (affiliate). Biasanya merchant menyediakan berbagai tool untuk kelancaran bisnis afiliasi, seperti pembayaran, refund, pelacakan, laporan (report), dan manajemen afiliasi.

 

#belajaraffiliatemarketing #kayadariaffiliatemarketing #rahasiaaffiliatemarketing #bisnisaffiliatemarketing #dapatincomedariaffiliatemarketing #apaituaffiliatemarketing #pasifincomeaffiliatemarketing #istilahdibisnisafiliasi