fbpx
Lippo Karawaci Jual Lippo Mall Puri Rp3,56 T

Lippo Karawaci Jual Lippo Mall Puri Rp3,56 T


Jakarta, CNN Indonesia —

PT Lippo Karawaci Tbk akan menjual Lippo Mall Puri lewat anak usahanya. Nilai penjualan tersebut mencapai Rp3,5 triliun.

Mengutip keterbukaan informasi, Senin (31/8), Lippo Mall Puri dikelola oleh anak usaha Lippo Karawaci, yakni PT Mandiri Cipta Gemilang (MCG). Perusahaan tersebut akan menjual kepada PT Puri Bintang Terang (PBT).

Lippo Karawaci akan menjual Lippo Mall Puri melalui Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT). Perusahaan itu merupakan real estate investment trust (REIT) atau Dana Investasi Real Estate (DIRE) yang dibentuk dan tunduk pada hukum Singapura.


Puri Bintang Terang adalah perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki secara tidak langsung oleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust. Sementara, Mandiri Cipta Gemilang merupakan anak perusahaan yang seluruh sahamnya secara tidak langsung dimiliki oleh Lippo Karawaci.

Manajemen menjelaskan transaksi ini merupakan bagian dari strategi asset-light perusahaan dan bertujuan meningkatkan likuiditas. Hasil dari penjualan Lippo Mall Puri akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.

Rencananya, Lippo Karawaci akan memberikan pendanaan kepada salah satu anak usahanya, Bridgewater International Ltd. Pendanaan diberikan dalam bentuk modal atau pinjaman antar perusahaan sebesar US$280 juta.

[Gambas:Video CNN]

Dana tersebut diberikan kepada Bridgewater untuk mengambil bagian atas unit-unit penyertaan yang diterbitkan oleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust dalam rencana pengambilbagian rights issue porsi Bridgewater dan rencana pengambilbagian rights issue porsi tambahan Bridgewater.

Di sini, Bridgewater juga akan menjadi standby buyer dalam rights issue Lippo Malls Indonesia Retail Trust. Artinya, jika investor tak tertarik dengan rights issue tersebut, maka Bridgewater yang akan mengambil seluruh unit yang diterbitkan oleh Lippo Malls Indonesia Retail.

Nantinya, dana segar yang diperoleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust akan diberikan kepada anak usaha Lippo Karawaci lainnya, yaitu Binjaimall Holdings Pte. Ltd. Perusahaan yang tercatat di Singapura itu akan menyetorkan dananya kepada Puri Bintang Terang untuk membayar harga jual beli ke Mandiri Cipta Gemilang.

(aud/agt)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *