fbpx
Penjelasan Seputar Facebook Ads

Penjelasan Seputar Facebook Ads

Artikel berikut akan memberikan penjelasan singkar seputar Facebook Ads. Mulai dari kentungan, cara pembuatan hingga pembayaran di Facebook Ads.

Facebook Ads adalah fitur beriklan yang ditawarkan oleh Facebook dengan jangkauan audiens para pengguna Facebook.

Ada beberapa keuntungan dari menggunakan Facebook Ads, yaitu:

  • Budget Dapat Disesuaikan.
  • Penargetan yang Efektif.
  • Jangkauan Target yang Luas.
  • Analisa Lanjutan.
  • Meningkatkan Brand Awareness.

 

Setelah membahas secara singkat seputar Facebook Ads. Selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara membuat iklan di Facebook. Ada 4 langkah cara buat iklan di facebook:

1. Membuat Halaman Facebook

Halaman Facebook nantinya akan memuat informasi dan keterangan bisnis Anda.

Anda bisa login ke akun Facebook Anda, lalu pilih menu halaman dan buat halaman baru. Pilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis Anda.

Lengkapi informasi yang dibutuhkan. Usai membuat halaman di Facebook, Anda sudah bisa mulai membuat Facebook Ads.

2. Login ke Facebook Ads

Selanjutnya Anda bisa masuk ke laman Facebook Ads Manager lalu login dengan akun Facebook yang nantinya akan digunakan untuk mengelola iklan.

3. Buat dan tentukan Kampanye iklan

Pada dasarnya terdapat 3 alur dasar untuk mempraktikkan cara membuat iklan di Facebook. Mulai dari campaign, ad set, dan ad.

  • Campaign (Kampanye), memiliki satu tujuan yang spesifik. Contoh: Anda dapat memilih traffic kunjungan (drive website traffic) untuk menuntun orang-orang agar mengunjungi website Anda. Setiap campaign akan memuat satu atau beberapa ad sets.
  • Ad Set (Set Iklan), dapat terdiri dari satu atau beberapa target audiens yang Anda tuju. Contoh: Ad set 1 memuat orang-orang yang berada di Jakarta. Ad set 2 memuat orang-orang yang berada di Bandung.
  • Ad (Iklan), masing-masing ad dapat berisi gambar, tautan maupun teks yang berbeda.

Anda bisa menentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai. Tujuan iklan Facebook dibagi menjadi 3 kategori berbeda.

Kesadaran/Awareness
  • Kesadaran Merek: Bertujuan untuk meningkatkan brand awareness bisnismu dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produkmu.
  • Jangkauan (Reach): Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin pengguna sesuai target yang telah ditentukan.
Pertimbangan/Consideration
  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang-orang/traffic menuju website atau aplikasi.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
  • Pemasangan Aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasimu.
  • Penayangan Video: Mengajak orang-orang menonton video yang kamu promosikan.
  • Pembuatan Prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik dengan bisnismu.
  • Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.
Konversi/Conversion
  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website-mu (Untuk melakukan tracking konversi kamu perlu memasang Facebook Pixel yang dibahas pada poin di bawah).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produkmu.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline-mu.

 

Setelah Anda menentukan Campaign (Kampanye), Anda bisa menentukan Ad Set (Set Iklan) Anda. Set Iklan biasanya terdiri dari :

  • Anggaran dan Jadwal
    Tentukan jumlah anggaran. Kamu bisa memilih antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Tentukan juga tanggal mulai dan berakhir.
  • Pemirsa/Audience
    Tentukan target audiens yang kamu tuju berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan penargetan terperinci lain seperti demografi, ketertarikan, atau behavior mereka di media sosial.
  • Pemirsa Khusus
    Gunakan pemirsa khusus untuk menjangkau orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnismu.

 

Selanjutnya adalah mengatur Ad (Iklan) Anda. Anda bisa memilih format iklan, teks dan gambar/video yang nantinya akan Anda iklankan. Tentukan juga destinasi yang dituju, dapat berupa website atau Facebook Event, lalu pilih tombol Call-to-Action (CTA) yang sesuai. Contoh: Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain.

 

4. Lakukan pembayaran

Langkah terakhir untuk cara membuat iklan di Facebook adalah pembayaran. Anda dapat memasukkan data kartu kredit atau debit Anda.

Anda hanya perlu mengikuti langkah pembayaran yang tersedia dan selesai!

 

Itulah penjelasan singkat seputar Facebook Ads. Buat Anda yang ingin tahu lebih detail seputar Strategi Facebook Ads. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Rahasia Cepat Dapat 1000 Prospek dari Sosial Media

#belajarfacebookads #rahasiafacebookads #bisnisfacebookads