Potensi eksport karet menurun akibat ekonomi global yang melemah

Penurunan eksport karet tahun ini dikarenakan pasar internasional yang memberikan banyak kode dan sedikitnya usaha untuk menambah nilai produk karet tersebut.

Menurut Moenardji Soedargo selaku Ketua Umum Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) menyatakan tahun ini nilai eksport akan menurun kurang lebih 10% dari tahun lalu yang berada di nilai 3,1 juta ton dan banyak faktor pula yang menyebabkan terjadinya penurunan nilai eksport ini. Trade War Effect merupakan salah satu korban penurunan ekonomi global ini, karena kurangnya keterlibatan pelaku perdagangan komoditi karet itu sendiri dan fundamental pasar yang juga dirasa kurang.

Di Tahun ini terhitung hingga Agustus 2018 volume eksport menurun 6,12% menjadi 2,052 juta ton dari yang tadinya 2,185 juta ton. Data tersebut menurut catatan Gapkindo yang telah ditinjau dari eksport karet indonesia periode januari hingga agustus tahun ini dan dibandingkan dengan periode januari hingga agustus tahun lalu.

Sedangkan di catatan BPS (Badan Pusat Statistik) menjelaskan bahwa volume eksport produk karet dan barang dari karet tahun ini hingga 2,8 juta ton, turun 6,06% di bandingkan periode tahun lalu yang mencapai 2,98 juta ton. Sementara pada kinerja bulanan, volume eksport karet per september 2018 menurun 4,15% menjadi 311.724 ton dari bulan sebelumnya sebesar 325.217 ton. Selanjutnya, nilai eksport menurun sebesar 12,25% menjadi 5,86 milliar dollar dibandingkan periode pada tahun sebelumnya yang senilai 6,675 milliar dollar.

Menurut Soedargo, produk yang dapat memasuki pasar AS lebih besar adalah produk industri yang merupakan produk antara atau produk semi mentah berupa olahan karet mentah yang sudah siap dijadikan ban, conveyor belt atau produk yang lainnya. Jadi, jika terus mengutamakan eksport SIR 20 maka nilainya tidak akan sebanding bila mengeksport produk karet yang telah diolah menjadi ban, atau produk yang lainnya. Namun pemerintah dirasa tidak memberikan kontribusi untuk pertumbuhan baik kinerja maupun investasi dalam sektor hilirisasi lanjut akan hal tersebut.

Sumber : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/29/162828226/ekonomi-global-melemah-ekspor-karet-tahun-ini-berpotensi-turun