fbpx

RUPSLB XL Axiata Putuskan Rombak Jajaran Direksi, Begini Susunannya


TEMPO.CO, Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB PT XL Axiata Tbk. hari ini memutuskan jajaran direksi baru. Selain mengangkat direktur keuangan yang sebelumnya mengundurkan diri, rapat juga mengangkat satu direktur baru.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menyebutkan RUPSLB dilakukan sehubungan dengan pengunduran diri Bapak Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin dari Perseroan berdasarkan surat pengunduran diri tanggal 24 Agustus 2020.

Selain itu, dalam rangka memperkuat komposisi direksi saat ini, Komite Nominasi & Remunerasi berdasarkan rekomendasinya tanggal 14 September 2020 mengusulkan penunjukan anggota direksi baru.

“Yaitu Budi Pramantika sebagai direktur menggantikan Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin, dan I Gede Darmayusa sebagai direktur baru,” ujar Dian dalam keterangan resmi, Selasa, 27 Oktober 2020.

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui untuk menerima pengunduran diri Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin dari jabatannya sebagai Direktur Perseroan terhitung sejak 1 November 2020. Perusahaan juga memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (Acquit et de Charge) kepadanya sebagai direktur atas segala tindakan pengurusan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan 1 November 2020.

Selanjutnya, rapat menyetujui mengangkat Budi Pramantika sebagai Direktur Perseroan menggantikan Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin terhitung sejak 1 November 2020 sampai dengan berakhirnya masa jabatan direksi pada penutupan RUPS Tahunan pada tahun 2024.

Budi Pramantika sebelumnya menjabat sebagai Deputy Chief Financial Officer. Bergabung di XL Axiata sejak Mei 2019, Budi memiliki pengalaman selama 14 tahun memegang berbagai jabatan di bidang keuangan. Dia juga pernah menjabat sebagai ASEAN Regional CFO di PT GE Health Care, sebagai Country CFO di PT GE Indonesia dan Asia Pacific CFO di GE Transportation.

Hari ini RUPSLB juga menyetujui mengangkat I Gede Darmayusa sebagai Direktur Perseroan terhitung sejak 4 November 2020 sampai dengan berakhirnya masa jabatan Direksi pada penutupan RUPS Tahunan pada tahun 2024.

I Gede Darmayusa sendiri telah mengabdi di XL Axiata sejak 2014, posisi terakhirnya sebagai Caretaker Chief Technology Officer. Gede memiliki pengalaman yang luas di bidang telekomunikasi. Di posisi barunya ini, Gede akan memimpin pengelolaan dan pengembangan jaringan.

Dengan begitu, susunan anggota Direksi EXCL per tanggal 4 November 2020 berubah menjadi sebagai berikut:

Presiden Direktur          : Dian Siswarini
Direktur                       : Abhijit J. Navalekar
Direktur                       : Yessie D. Yosetya
Direktur                       : David Arcelus Oses
Direktur                       : Budi Pramantika
Direktur                       : I Gede Darmayusa

RUPSLB juga menyetujui perubahan Anggaran Dasar Perseroan dalam rangka penyesuaian dengan Peraturan OJK No. 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka. RUPSLB juga dan menyatakan kembali seluruh Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan penyesuaian Peraturan OJK No. 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka.

BISNIS

Baca: Dirut XL Axiata Blak-blakan soal Imbas Covid-19: Kami Tidak Imun





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *