fbpx
Tips dan Tools agar Produktivitas Marketer Meningkat

Tips dan Tools agar Produktivitas Marketer Meningkat

Kira-kira tips seperti apa dan tools yang dibutuhkan agar produktivitas meningkat? Dan apa itu ‘busy work’?

 

Apa itu busy work?

Istilah ‘busy work’ mengacu pada tugas-tugas yang memiliki sedikit atau tidak ada nilai langsung untuk tujuan bisnis. Namun, ini juga dapat merujuk pada tugas rutin yang berlebihan tetapi perlu, seperti entri data dan report.

Hal ini dapat mencegah marketer untuk fokus pada tugas yang lebih penting atau mendesak. Seperti mengerjakan campaign berikutnya, menyusun strategi, atau pembuatan konten. Berikut tips untuk mengurangi terjadinya busy work.

 

Tips Mengurangi Terjadinya Busy Work

 

1. Tentukan bagaimana Anda akan memprioritaskan beban kerja Anda

Luangkan waktu untuk menganalisis dan memprioritaskan bagian mana dari tugas pekerjaan Anda yang paling tidak penting sebagai kerangka kerja umum. Sebaiknya berfokuslah pada tugas yang paling penting atau terikat waktu terlebih dahulu.

Hindari multitasking. Jika tidak, Anda berisiko melompat dari proyek ke proyek tanpa menyelesaikan pekerjaan yang penting, sehingga memperpanjang waktu yang dihabiskan.

2. Buat rutinitas dengan daftar tugas harian

Membuat daftar tugas itu mudah, tetapi mengikutinya tidaklah mudah. Anda dapat memanfaatkan waktu di awal minggu mereka untuk merencanakan tugas harian.

Anda juga dapat dengan mudah menggunakan banyak alat manajemen kerja untuk membuat daftar tugas yang rumit. Misalnya adalah Asana.

Jadikan daftar tugas Anda dapat ditindaklanjuti. Mulailah dengan kata-kata tindakan seperti “Desain”, “Buat”, atau “Kirim” untuk memberi Anda wawasan sekilas apa yang Anda lakukan.

3. Tambahkan waktu fokus untuk mencapai tujuan di kalender Anda

Kami tahu Anda tidak dapat menghindari semua gangguan setiap saat. Tetapi Anda dapat menjadwalkan blok waktu untuk pekerjaan tanpa gangguan pada proyek harian Anda.

Masuk akal dengan waktu yang Anda alokasikan sendiri. Anda masih ingin anggota tim lainnya dapat menghubungi Anda saat diperlukan.

4. Mengotomatiskan proses manual

Pekerjaan yang sibuk biasanya terkait dengan sistem atau proses usang yang dapat menggunakan marketing automation. Tools ini membantu Anda mengelola dan melakukan triase tugas marketing tanpa waktu yang diperlukan secara manual.

Salah satunya adalah HubSpot Marketing Automation.

5. Pelajari kapan harus meminta bantuan tim Anda

Ketika hal-hal menjadi luar biasa, dan Anda memiliki lebih banyak pekerjaan sibuk daripada yang dapat Anda tangani, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan tim Anda. Meminta bantuan dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang kolaboratif antara rekan kerja dan meminimalkan intimidasi untuk mengambil semua tanggung jawab sendiri.

Namun, tetap perhatikan beban kerja rekan kerja Anda saat meminta bantuan.

 

Itulah beberapa tips dan tools yang dapat Anda gunakan agar produktivitas sebagai marketer meningkat.

 

Dan untuk Anda yang masih kebingungan dalam membangun Personal Brand di Media Sosial. Atau Anda sering bingung memikirkan konten Media Sosial Anda.

Segera konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Sales Networking

#BusyWork #Produktivitas #Marketing #Sales #Information