fbpx
Vaksin Covid-19 Produksi Kalbe Farma Baru Tersedia 2021

Vaksin Covid-19 Produksi Kalbe Farma Baru Tersedia 2021


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menargetkan vaksin Covid-19 yang bekerja sama dengan Genexine, Inc., perusahaan obat biologi dari Korea Selatan bakal mulai tersedia paling cepat pertengahan tahun 2021.

Direktur Keuangan Kalbe Farma, Bernadus Karmin Winata menjelaskan, ada beberapa fase uji klinis yang harus dilalui sebelum vaksin tersebut siap secara komersial. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dari vaksin virus Corona tipe baru tersebut.

Pada fase pertama, kata Bernadus sudah dilaksanakan di Korea Selatan dan diperkirakan akan selesai pada bulan Oktober – November tahun ini. Adapun, untuk fase selanjutnya akan dilaksanakan di kedua negara.


“Masih perlu fase kedua dan kemungkinan fase ketiga. Komersial paling cepat pertengahan tahun 2021,” kata Bernadus dalam paparan publik di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Bernadus melanjutkan, hampir semua negara saat ini sedang berupaya untuk mengembangkan vaksin. Menurutnya, dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia harus memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin sendiri. Oleh sebab itu, pada akhir Mei lalu KLBF menggandeng Genexine Inc untuk pengembangan vaksin Covid-19.

“Kalau tergantung negara orang lain belum tentu Indonesia akan kebagian. Kita punya uang belum tentu, ini yang kita lakukan joint [dengan Genexine],” jelasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Direktur Kalbe Farma Sie Djohan mengatakan, dengan kerja sama penelitian dan pengembangan vaksin dengan Genexine, diharapkan bisa dengan cepat mendapatkan hasil, sehingga kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya.

Riset vaksin ini sendiri telah dilakukan kepada primata dan telah terbukti telah menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus Corona.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *