fbpx
cara-menetapkan-goals-sosial-media-marketing

Cara Menetapkan Goals Sosial Media Marketing

Bagaimana caranya menetapkan goals atau tujuan yang ingin Anda capai dengan Sosial Media Marketing?

Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu Anda untuk menetapkan goals atau tujuan Anda menggunakan sosial media dengan beberapa metrik berikut.

Apa saja metrik tersebut? Berikut metrik yang dibagi menjadi 4 kategori.

 

1. Reach (Jangkauan)

Sesuai namanya, reach adalah seberapa banyak orang yang mengetahui brand Anda di media sosial. Hal ini dapat dipecah menjadi :

  • Berapa banyak followers yang Anda miliki ?
  • Atau berapa banyak orang yang melihat konten Anda atau sering disebut Impressions (Tayangan) ?
  • Atau ada berapa orangkah yang membicarakan tentang brand Anda, istilahnya adalah Mention ?
  • Dan juga berapa banyak brand Anda dibagikan (Share) ?

 

2. Engagement (Interaksi)

Engagement berarti bahwa adiens tidak hanya mengetahui konten Anda. Tetapi mereka juga berinteraksi seperti Like, Comment, Share dan memberika Rating maupun Review.

Karena algoritma media sosial menyukai adanya interaksi. Maka jika Anda mengumpulkan banyak like, komen dan share itu akan berkontribusi pada jangkauan yang lebih luas.

 

3. ROI (Return on Investment)

Pengembalian seperti apa yang Anda dapatkan dari menginvestasikan sumber daya ke media sosial?

  • Apakah mengarah ke penjualan langsung atau Direct Sales, yang bisa berasal dari website Anda ataupun dari e-commerce ?
  • Atau apakah aktivitas media sosial Anda menghasilkan koversi prospek seperti pendaftaran member atau download yang dapat Anda konversikan menjadi customer Anda di kemudian hari ?
  • Atau paling tidak apakah media sosial Anda mengarah ke website Anda dengan sebuah link ?

 

4. Customer Service

Pastikan Anda melakukannya secara efektif dengan beberapa hal ini

– Masalah apa yang diseesaikan melalui media sosial?
– Respon seperti apa untuk mengatasi masalah tersebut?
– Dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut?

Dengan semua metrik tersebut mulai dari Reach, Engagement, ROI dan Customer Service. Anda mungkin mulai bertanya bagaimana membuat keputusan berdasarkan data terbaik untuk bisnis Anda.

Sehingga langkah selanjutnya adalah mengubah metrik media sosial Anda menjadi item yang dapat ditindaklanjuti.

Dengan mulai mempertimbangkan metrik mana yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Dan untuk menghindari terlalu banyak data, mungkin Anda bisa memulai dengan 1 atau 2 tujuan yang jelas.

 

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan tujuan Anda dengan menerapkan kerangka tujuan yang populer, yaitu SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, & Timely)

 

– Spesific (Spesifik)

Berarti mengetahui dengan tepat metrik mana yang ingin Anda tangani dan seberapa besar Anda ingin meningkatkannya.

– Measurable (Terukur)

Berarti mampu mengukur peningkatan. Pastikan bahwa metrik yang Anda lacak akurat mewakili target market Anda.

– Achievable (Dapat Dicapai)

Berarti menetapkan tujuan yang diharapkan dapat Anda capai secara wajar.

– Relevant (Relevan)

Berarti tujuan yang ingin Anda capai haruslah terkait langsung dengan sesuatu yang benar-benar mempengaruhi bisnis Anda.

– Timely (Tepat Waktu)

Berarti menetapkan peiode waktu yang tepat di mana Anda ingin mencapai tujuan tersebut.

 

Dengan menetukan tjuan yang tepat di media sosial kemudian menggunakan metrik yang tepat. Maka Anda akan segera melihat hasilnya untuk bisnis Anda.

 

Ingin tahu lebih detail seputar Strategi Sosial Media Marketing. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Strategi Media Sosial TERBAIK untuk SETIAP Bisnis di tahun 2021

#belajarsocialmediamarketing #rahasiasocialmediamarketing #bisnissocialmediamarketing