fbpx
Istilah dalam Facebook Ads Manager

Istilah dalam Facebook Ads Manager

Sebagai seorang pemula, tentu Anda harus mengetahui istilah-istilah yang ada dalam Facebook Ads Manager. Apa sajakah itu?

Di artikel berikut, akan membahas beberapa istilah yang penting di dalam Facebook Ads Manager.

1. Ad

Ini adalah istilah yang sering kali muncul. Ad adalah materi iklan yang akan Anda promosikan kepada audiens Anda.

2. Adset

Adset merupakan struktur facebook ads yang didalamnya Anda bisa menentukan anggaran dan menentukan target seperti audience, umur, gender, lokasi, dan sebagainya. Di dalam adset juga ada beberapa materi ad dan memiliki struktur yang lebih besar dari ad.

3. Ads Manager

Ads manager adalah dashboard facebook ads yang berisi keseluruhan campaign, ad set, dan ad. Halaman ini juga menyediakan data performa iklan seperti impression, reach, result, cpm dan sebagainya.

4. Campaign

Adalah sebuah struktur yang didalamnya mencakup adset dan ad. Campaign juga merupakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan iklan sebelum adset dan ad.

Saat membuat iklan baru, Anda akan disediakan beberapa pilihan objective campaign atau tujuan dari iklan yang akan dibuat, seperti brand awareness, traffic dan conversions.

5. CPM (Cost per Million)

Adalah istilah singkatan dari cost per millions atau biaya per 1000 tayang, iklan Anda akan dikenakan biaya setelah dilihat oleh 1000 orang pengguna facebook.

CPM biasanya juga dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengidentifikasi sebuah performa iklan, semakin murah biaya per 1000 tayangnya maka bisa disebut bahwa kinerja iklan tersebut baik.

6. CPC (Cost Per Click)

Yaitu iklan yang dikenakan biaya setelah ada pengguna facebook mengklik iklan tersebut.

7. CTR (Click Through Rate)

Atau disebut juga rasio klik tayang. Istilah ini diartikan sebagai jumlah klik yang dihasilkan dari iklan Anda dibagi dengan jumlah tayang selama periode waktu tertentu.

8. Custom Audience

Ini dapat diartikan juga sebagai database audiens yang telah Anda miliki. Custom audience dapat Anda kelompokan dalam database seperti list nomor hp, pixel, email, likes, dan lainnya.

9. Objective

Objective adalah tujuan iklan atau campaign yang Anda pilih, sebagai contoh jika tujuan iklan Anda hanya orang-orang yang masuk website maka pilih objectivenya adalah traffic, jika tujuan iklannya adalah meningkatkan penjualan maka pilihlah iklan dengan objective conversions dan sebagainya.

10. Relevance Score

Relevance score merupakan nilai antara 1-10 perkiraan seberapa baik audience menanggapi iklan Anda. Jika relevance score yang didapat tinggi maka iklan Anda sudah tepat sasaran dan sesuai dengan target, begitupun sebaliknya.

Sehingga Anda bisa menganalisa feedback dari audience yang Anda targetkan.

11. Pixel

Pixel adalah kode tracking yang dipasang pada website. Hal ini berfungsi untuk merekam, optimasi dan mengukur aktivitas audience kemudian menyimpan data pada campaign facebook ads tersebut.

12. Reach

Reach adalah seberapa luas jangkauan iklan dan seberapa banyak pengguna facebook yang melihat iklan yang Anda jalankan.

13. Impressions

Impressions adalah seberapa banyak jumlah tayang iklan Anda pada audience tanpa mengklik iklan tersebut.

14. Engagement

Engagement adalah istilah objective iklan yang bertujuan untuk mendapatkan interaksi dari audience seperti like, share dan komen.

15. Interest

Interest adalah seseorang yang dianggap memiliki kategori minat atau menyukai terhadap produk tersebut atau berkaitan dengan produk yang diiklankan.

 

Buat Anda yang ingin tahu lebih detail seputar Strategi Facebook Ads. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

Baca Juga : Kesalahan dan Solusi Facebook Ads yang Harus Anda Tahu

#belajarfacebookads #rahasiafacebookads #bisnisfacebookads