fbpx
Jenis Pencocokan Keyword dalam Google Ads

Jenis Pencocokan Keyword dalam Google Ads

Memahami jenis pencocokan keyword di Google Ads sangat penting untuk mengevaluasi serta menentukan jangkauan audience menjadi lebih luas ataupun spesifik.

Google Ads menyediakan lima pilihan dari jenis keyword yang mungkin sesuai untuk iklan bisnis Anda.

 

1. Exact Match Keyword (Pencocokan Persis)

Atur keyword Anda untuk pencocokan keyword yang paling tepat, dan iklan Anda akan muncul ketika permintaan pencarian pengguna benar-benar tepat dengan keyword Anda. Biasanya pencocokan ini menggunakan simbol tanda kurung siku “[]”.

Misalnya, keyword yang Anda tentukan adalah [Sepatu Olahraga]. Maka hasil penelusuran akan memunculkan iklan yang terdapat keyword tersebut.

 

2. Phrase Match Keyword (Pencocokan Frasa)

Jenis pencocokan ini akan memunculkan iklan ketika permintaan pencarian pengguna sesuai atau paling mendekati keyword Anda. Dan biasanya menggunakan simbol tanda petik (“”).

Phrase match juga memunculkan iklan Anda ketika pencarian memasukkan kata tambahan sebelum atau sesudah keyword utama. Namun tidak ditengah-tengah keyword.

Misalkan, hasil penelusuran akan menampilkan iklan dengan judul “Beli Sepatu Olahraga Murah”. Namun penelusuran tidak akan memunculkan iklan dengan judul “Sepatu Pria” ataupun “Model Sepatu Laki-Laki”.

 

3. Broad Match Keyword (Pencocokan Luas)

Merupakan jenis pencocokan default yang mencantumkan keyword atau variasi dari keyword yang Anda tentukan. Nantinya pengguna dapat melihat iklan Anda jika:

  • Menggunakan kata sinonim.
  • Menggunakan pencarian dengan long-tail keyword yang berhubungan dengan keyword Anda.
  • Salah dalam mengeja kata.

Misalkan, hasil penelusuran akan memunculkan iklan yang berkaitan dengan keyword yang Anda tetapkan. Seperti : “Sepatu Olahraga”, “Sepatu Pria”, “Pakaian Olahraga”, dan sebagainya.

Jenis Pencocokan Keyword

 

4. Broad Match Modifier Keyword (Pencocokan Luas yang Dimodifikasi)

Jenis keyword ini menawarkan kendali penargetan pada tingkat yang lebih tinggi daripada broad match.

BMM menggunakan simbol khusus yakni “+” di depan keyword. Jenis pencocokan ini akan menampilkan iklan yang mengandung kata yang diberi tanda tersebut di penelusuran.

Misalnya, keyword Anda adalah “+Sepatu +Olahraga”. Maka hasil penulusuran akan memunculkan iklan yang memiliki kata dari 2 keyword tersebut. Penulusuran tidak akan memunculkan iklan jika judul iklan tersebut hanya memiliki salah satu dari keyword tersebut.

Jenis Pencocokan Keyword

 

5. Negative Match Keyword

Pencocokan ini digunakan untuk mencegah iklan muncul untuk istilah pencarian tertentu.

Misalnya, keyword Anda adalah Sepatu Olahraga dengan negative keyword “Formal”. Maka hasil penelusuran tidak akan menampilkan iklan yang terdapat kata “formal” di dalamnya.

Jenis Pencocokan Keyword

 

 

Itulah beberapa jenis pencocokan keyword di Google Ads yang dapat membantu Anda. Buat Anda yang ingin tahu lebih detail seputar Strategi Google Ads. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.

 

 

Baca Juga : Meningkatkan SEO dengan Google Ads

#belajargoogleads #rahasiagoogleads #bisnisgoogleads