fbpx

Jokowi Prediksi Ekonomi Digital RI Sentuh US$1,8 Kuadriliun



Jakarta, CNN Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan ekonomi digital Indonesia dapat mencapai US$133 miliar atau sekitar Rp1,8 kuadriliun pada 2025 mendatang. Hal ini seiring dengan kemajuan perkembangan digital, khususnya di masa pandemi covid-19 atau virus corona.

Mengutip laman resmi setkab.go.id, Jokowi menyatakan potensi ekonomi digital di ASEAN mencapai US$200 miliar. Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan jaringan seluler telah menjangkau lebih dari 95 persen populasi di dunia.

Sementara, 441 juta orang atau 65 persen populasi ASEAN adalah pengguna internet per Juni 2020. Ini berarti ketergantungan dunia terhadap teknologi semakin tinggi.







“Lebih dari 1,5 miliar anak harus belajar dari rumah, ratusan juta orang harus bekerja dengan platform virtual, online shopping meningkat tajam. Kondisi ini tentu memberikan peluang besar untuk mempercepat transformasi digital,” ungkap Jokowi dalam keterangan resmi, Sabtu (14/11).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan nilai ekonomi digital dari internet berpotensi naik 3 kali lipat hingga 2025 mendatang. Nilai ekonomi digital internet pada 2019 sebesar US$40 miliar, sedangkan 5 tahun lagi diprediksi lebih dari US$133 miliar.

Proyeksi dibuat berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google, Temasek dan Bain & Company bertajuk e-Conomy SEA 2020 at Full Velocity: Resilient and Racing Ahead.

Sementara, ia bilang ekonomi digital dari transaksi e-commerce berpotensi naik dari US$20 miliar menjadi US$82 miliar. Ini berarti ada potensi kenaikan hingga 4 kali lipat.

“Lalu online travelling naik dari US$10 miliar ke US$25 miliar. Itu 2,5 kali lipat,” jelas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, potensi ekonomi digital Indonesia memang sangat besar. Namun, itu bisa menjadi percuma jika infrastruktur yang ada tak mendukung sektor digital itu sendiri.

Makanya, pemerintah mengalokasikan  dana sebesar Rp413 triliun untuk pembangunan infrastruktur dan Rp30 triliun untuk transformasi digital pada 2021. Dana itu dianggarkan untuk mengembangkan infrastruktur dan sektor digital di Indonesia.

(aud/chs)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *