fbpx
Pesan Sri Mulyani untuk 3.231 Wisudawan PKN STAN 2020

Pesan Sri Mulyani untuk 3.231 Wisudawan PKN STAN 2020



Jakarta, CNN Indonesia —

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menyelenggarakan kegiatan Wisuda Akbar 2020 bagi 3.231 lulusan pada Rabu (14/10). Kali ini, acara dilangsungkan secara daring dengan lokasi peserta tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir memberi sambutan, mengatakan bahwa aparatur lulusan PKN STAN harus memiliki wawasan kebangsaan yang berbhineka.

“Jadilah pemimpin yang jujur, kuat, berbudi baik, dan adil karena kalian semua akan memimpin sebuah bangsa yang (terdiri dari suku bangsa) yang berbeda-beda agar kita saling mengenal, agar kita tidak saling berprasangka buruk, dan tidak saling menyalahkan,” kata Sri Mulyani.







Menurutnya, selain wawasan kebangsaan, para wisuda juga diharapkan memiliki kemampuan baik untuk beradaptasi, mengingat perubahan besar-besaran tengah terjadi akibat pandemi Covid-19.

“Saya berharap pelajaran yang diberikan oleh pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk bertransformasi dan berubah, kita mampu melakukan penyesuaian . Inilah skill yang harus kita miliki. Jangan jadi manusia yang tidak dapat melihat perubahan karena dunia pasti berubah,”

“Oleh karena itu, saya berharap kalian terus mengasah keterampilan, baik ilmu maupun karakter kalian. Tingkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, berorganisasi, dan kepemimpinan. Jadilah manusia yang tidak mudah menyerah. Jadilah manusia yang semangatnya tidak pernah redup,” tutur Sri Mulyani.

Lebih lanjut, sebagai penutup Sri Mulyani berpesan agar seluruh wisudawan mampu menjadi generasi optimis pembawa obor kemajuan Indonesia. Termasuk, menekankan untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

“Dalam perjalanan hidup, kalau kalian melihat kekurangan, maka perbaiki lah. Tidak usah mengeluh, apalagi mencaci di media sosial. Jadilah pribadi yang kritis tanpa menjadi sinis. Jadi generasi yang positif dan konstruktif, bukan destruktif. Di tangan kalian lah seluruh proses perbaikan dan pembangunan Republik Indonesia akan berjalan. Jadilah patriot yang memberikan hal terbaik dengan kebanggaan tanpa arogan. Jangan pernah lelah mencintai Republik Indonesia,” ungkap Sri Mulyani.

Dalam penyelanggaraan Wisuda Akbar PKN STAN 2020, tercatat 70 persen lebih dari total wisudawan berhasil lulus menyandang predikat ‘Dengan Pujian’. Dari jajaran lulusan terbaik, Arry Efen menjadi mahasiswa dari Program Afimarsi yang menyabet tiga besar indeks prestasi tertinggi pada Program Studi Diploma I Pajak dengan perolehen IPK 3,98. Program Afirmasi merupakan program pendidikan yang dikhususkan bagi talenta-talenta dari Indonesia Timur.

(rea/rea)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *