Bagaimanakah mengatur penganggaran dalam Facebook Ads? Berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk beriklan di Facebook?
Artikel ini bisa membantu Anda mengambil langkah yang efektif dalam menentukan anggaran iklan Anda.
1. Mengidentifikasi Anggaran dan Sasaran Iklan Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami dan mengidentifikasi anggaran dan sasaran iklan Anda. Karena banyak bisnis berfokus untuk mendapatkan prospek dan menghasilkan penjualan melalui Facebook Ads.
Dan rata-rata anggaran iklan dalam bisnis apapun itu adalah sebesar 5%-12% dari pendapatan. Dan berapakah anggaran yang sebaiknya Anda gunakan?
Maka, Anda hanya perlu melakukan 2 hal yaitu Riset Industri dan Melihat Kompetitor yang sesuai dengan bidang bisnis Anda.
2. Memahami Data Metriks Anda
Pertama-tama Anda harus memahami Cost Per Lead, Cost Per Customer Acquisition, dan Conversion Rate bisnis Anda.
- Cost Per Lead adalah biaya periklanan online yang harus dikeluarkan oleh sebuah brand dan bagaimana menghitung prospek masa depan perusahaan atau brand melalui strategi digital marketing.
- Cost Per Customer Acquisition adalah biaya yang dibutuhkan untuk meyakinkan audiens untuk membeli suatu produk atau jasa.
- Conversion Rate adalah persentase efektivitas halaman bisnis untuk menarik pengunjung melakukan sebuah tindakan.
Tentu hasil tiap bisnis akan sangat berbeda. Bahkan jika Anda memiliki produk dan layanan yang berbeda, hasilnya juga akan berbeda.
3. Mendistribusikan Anggaran Anda
Anda bisa mendistribusikan anggaran iklan Anda berdasarkan campaign yang Anda gunakan. Ada 3 kategori untuk mendistribusikan anggaran Anda.
- 20% dari anggaran Anda digunakan untuk membangun audiens Anda.
- Sekitar 60% dari anggaran bisa Anda fokuskan untuk mempromosikan penawaran Anda.
- Anggaran yang tersisa bisa Anda gunakan untuk upaya retargeting (penargetan ulang) iklan Anda.
Dan berikut beberapa kesalahan yang harus Anda hindari.
1. Tidak Memberikan Waktu yang Cukup
Berikan waktu pada iklan Anda agar dapat mengumpulkan data yang bisa Anda analisa kedepannya.
2. Tidak Cukup Menghabiskan
Anda harus memahami bahwa anggaran Anda akan berpengaruh kepada audiens yang menerima iklan Anda.
3. Memilih Jenis dan Tujuan Campaign yang Salah
Anda haruslah mencocokkan jenis campaign dengan tujuan dari iklan Anda. Jangan memilih campaign Brand Awareness jika tujuan iklan Anda adalah mencari prospek.
Itulah strategi mengatur penganggaran dalam Facebook Ads. Buat Anda yang ingin tahu lebih detail seputar Strategi Facebook Ads. Konsultasikan bersama kami dengan mengklik link berikut.
Baca Juga : Cara Membuat Iklan Video Facebook
#belajarfacebookads #rahasiafacebookads #bisnisfacebookads