fbpx
Dihajar Luar Dalam, IHSG Tak Kuat Bangkit ke Zona Hijau

Dihajar Luar Dalam, IHSG Tak Kuat Bangkit ke Zona Hijau


Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (3/9/20) ditutup anjlok 0,59% di level 5.280,81. Kenaikan IHSG pada akhir perdagangan berhasil menyelamatkan IHSG dari kejatuhan yang lebih dalam, tercatat IHSG sempat anjlok 1,3%.

Data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 787 miliar di pasar reguler hari ini dengan nilai transaksi hari ini menyentuh Rp 8,5 triliun.

Saham yang paling banyak dilego asing hari ini adalah PT Astra Internasional Tbk (ASII) dengan jual bersih sebesar Rp 107 miliar dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang mencatatkan net sell sebesar Rp 226 miliar.


Sementara itu saham yang paling banyak dikoleksi asing hari ini adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dengan beli bersih sebesar Rp 32 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan net buy sebesar Rp 79 miliar.

Selanjutnya bursa di kawasan Asia terpantau bervariatif, Nikkei di Jepang terapresiasi 0,94%Hang Seng Index di Hong Kong turun 0,45%,  sedangkan Indeks STI di Singapura anjlok 0,54%.

Pasar terlihat masih mengkhawatirkan wacana penghapusan independensi Bank Indonesia (BI), yang membawa Republik ini mundur ke era Orde Baru di mana BI beroperasi di bawah Menteri Keuangan.

Sebelumnya, ramai diberitakan mengenai adanya Dewan Moneter, yang bakal diketuai Menteri Keuangan, dalam draf RUU. Yang menjadi perkara, BI akan dibawahi Dewan Moneter dan ketentuan soal “pihak lain tidak bisa ikut campur dalam pelaksanaan tugas BI” dihapus.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *